Pemda Ujung Tombak Ekosistem Digital Menuju Indonesia Maju

Palu – jurnalpolisi.id

Dukungan pemda guna mewujudkan visi Indonesia Maju 2025 lewat ekosistem digital sangat diharapkan. 

Maka lewat Webinar Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Menuju New Normal, Rabu (8/7), Deputi Gubernur BI Dr. Sugeng berharap seluruh pemda dapat menyamakan persepsi dan lalu menginisiasi Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) sebagai titik awal digitalisasi.

Webinar diikuti Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi H. Mulyono, SE.Ak, MM dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulteng Drs. Abdul Wahab Harmain, MM.

Tambahnya dari 12 pemda yang dijadikan pilot project ETP seperti Provinsi Yogyakarta, Jawa Barat dan Bali mengalami kenaikan pendapatan asli daerah sampai 11,1 %.

Selain itu, digitalisasi diyakininya juga dapat menopang ketahanan ekonomi bangsa dengan terciptanya sumber-sumber ekonomi baru.

“Mari sama-sama membangun Indonesia maju dari daerah,” ujarnya mengajak.

Sementara Deputi I Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr. Iskandar Simorangkir menyebut bahwa pandemi covid-19 ikut andil dalam meningkatkan literasi digital pada semua aspek.

Kenaikan trafik internet 15-20 % selama pandemi tambahnya adalah gambaran suburnya ekosistem digital yang menuntut masyarakat harus melek dengan IT.

Kondisi ini juga mau tidak mau mendorong pemda harus beradaptasi dan menjadikan digitalisasi sebagai kebutuhan utama di era new normal.

Bahkan untuk mempercepat digitalisasi daerah, pemerintah akan membentuk satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dari provinsi sampai kabupaten/kota pada tahun 2021.

“Perkembangan digital tidak akan semaju sekarang tanpa adanya covid-19,” simpulnya.( Rudy Efendi )

Sumber :(Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *