TNI Dan Polri Bantu Jaga Ketahanan Pangan Lewat Kampung Tangguh Diambon.

Maluku – jurnalpolisi.id

Sebanyak 7.024 lebih program Kampung Tangguh hari ini, Kamis (9/7/2020) diresmikan secara serentak, di seluruh Indonesia.

Satu diantaranya, terletak di Dusun Taeono, Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon, di Kota Ambon.

Kampung Tangguh merupakan program TNI dan Polri, untuk menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi TNI dan Polri, seluruh Indonesia dalam mewujudkan ketahanan pangan yang menjadi bukti kesungguhan, TNI/Polri untuk mendukung pemerintah dalam rangka ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

”Kita semua merasakan dampaknya, untuk kita semua dituntut untuk terus menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Panglima dalam Video Conference secara Virtual, pada peluncuran Kampung Tangguh Nusantara dan Panen raya, Kamis (9/7/2020).

Acara tersebut juga, diikuti Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, Ketua DPRD  Maluku Lucky Wattimury, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, para pejabat Polda Maluku, Kapolresta Ambon Kombes Pol Leo SN Simatupang, serta Dusun Taeono, Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Panglima TNI, menyampaikan sesuai Instruksi Presiden RI, pihaknya diminta turut membantu pemerintah menjaga stabilitas pangan.

”Saya mengucapkan terimakasih, kepada semua pihak Prajurit TNI dan Polri, serta masyarakat luas atas program ketahanan pangan dan inisiasi, Kampung Tangguh nusantara yang baru saja diluncurkan, semoga upaya kita dapat membantu dan meringankan, beban masyarakat ditengah pandemi Covid-19, dan mendukung program pemulihan nasional,” ungkap Panglima.

Kegiatan ini, dilakukan serempak kata Panglima, untuk meringankan dampak Pandemi Covid-19 melalui, program pemanfaatan lahan dan pada karya.

Penanaman bahan pangan yang cepat panen yang dilakukan secara masif, oleh Polda Se Indonesia dibantu TNI termasuk yang dilakukan secara induvidu oleh para Prajurit TNI dan Polri, tidak hanya membantu ketersediaan pangan bagi masyarakat tetapi, juga memberi penghasilan tambahan.

‘Disamping itu juga, mengantisipasi krisis ekonomi langka inovatif juga diperlukan, untuk menekan angka pandemi Covid-19.

Ini kesadaran partisipasi kolektif, masyarakat menjadi hal yang mutlak diperlukan, dan ini juga tidak hanya membangun kesadaran bersama tetapi, juga saling membantu menguatkan untuk memutus penularan Covid-19,” tandasnya.

Disela sela kegiatan itu pula, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, melakukan panen raya terung di areal Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Selain itu, ada juga verietas tanaman pertanian yang telah ditanam sebelumnya di areal seluas 6 hektar antara lain, ubi kayu, pisang, terong, cabe, tomat, ketimun, pare, dan nenas.

Maka hasil bumi ini, akan sangat membantu meringankan beban masyarakat, terutama dalam pemenuhan bahan kebutuhan pokok dimasa pandemi Covid-19.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar dalam sambutanya, mengapresiasi jajaran Polresta Pulau Ambon dan Pulau Lease, serta warga masyarakat Dusun Taeono yang telah bersama sama, mewujudkan kemandirian terutama dalam hal ketahanan pangan.

”Semoga saja kegiatan seperti ini, bisa terus dilaksanakan secara konsisten, dan berkesinambungan demi terwujudnya masyarakat yang produktif, dalam wujudkan ketahanan pangan,” katanya.( K.K.Makupiola.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *