Dit Polairud Polda Sulsel Peduli Lingkungan, Menanaman Pohon Mangrove di Wilayah Pesisir Pelabuhan Untia Makassar

Makassar – jurnalpolisi.id

Personel Polri dari Direktorat Polisi Air Polda Sulsel melakukan kegiatan penanaman pohon Mangrove di Wilayah pesisir Pantai dengan tema Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Peduli Ekonomi Masyarakat Pesisir.

Penanaman Pohon Mangrove kali ini dilakukan oleh 50 personil Dit Polair Polda Sulsel di Wilayah Pesisir Pelabuhan Untia Makassar, Jumat (25/09/2020) pada pukul 07.30 WITA.

Dir Polairud Polda Sulsel Kombes Pol Herry Wiyanto mengatakan penanaman Pohon Mangrove sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dan antisipasi terjadinya abrasi pantai.

“Ini merupakan arahan Kapolri yakni Polri peduli penghijauan, oleh karenanya itu, kami Dit Polairud Polda Sulsel secara khusus menanam bibit mangrove”, tuturnya.

Dir Polairud menambahkan bahwa selain sebagai program penghujauan dan mencegah abrasi, penanaman pohon Mangrove ini nantinya sebagai tempat berkembangnya ekosistem laut.

“Ekosistem laut akan terjaga, tentunya ini juga akan berguna untuk anak cucu kita kelak’, tambahnya.

Dit Polairud menyiapakn 100 Pohon Mangrove yang nantinya akan ditanam di lokasi-lokasi yang membutuhkan Mangrove sebagai penahan abrasi air laut.

“Sebanyak 100 bibit mangrove ditanam. Penanaman pohon Mangrove ini di wilayah Pesisir Pelabuhan Untia Makassar”, tutup Dir Polairud.

Mengenai hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, menjelaskan hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi.

“Hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, diantaranya menvegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi pesisir,” jelas Kabid Humas Polda Suslel.

“Selain itu bagi masyarakat sekitar dengan pemanfaatan dan pengelolaan tepat guna dapat berkontribusi dalam ekonomi, seperti pangan, papan serta manfaat kesehatan,” tambah Kabid Humas Polda Sulsel.( Sukardin SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *