Puncak Hari Juang TNI AD Kodam Hasanuddin Gelar Doa dan Syukuran, Sekaligus Wisuda Purnawira

Makassar – jurnalpolisi.id

Perayaan puncak peringatan Hari Juang TNI AD (HJ TNI AD), Kodam XIV/Hasanuddin menggelar acara doa dan syukuran digelar di Balai Manunggal Hasanuddin (BPH) Makodam Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (15/12).

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangeruka, S.E., dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2020 kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Hari Juang TNI AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember dan pada tahun 2020 ini bertema “Bersama Kita Bisa”, merupakan upaya mengenang kembali peristiwa 75 tahun yang lalu, yaitu sejarah perjuangan bangsa  yang merefleksikan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam mengusir penjajah dan sekutu yang hendak memecah belah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada pertempuran sengit yang disebut sebagai Palagan Ambarawa.

“Sejarah tersebut telah membuktikan bahwa efektifitas sinergitas TNI dan rakyat merupakan satu kekuatan, dan telah berhasil mengatasi berbagai ancaman, gangguan dan hambatan yang kita hadapi dalam perjalanan menuju bangsa yang merdeka dan berdaulat”, ungkap Mayjen Andi.

“Sebagai generasi penerus, kita patut berterima kasih kepada para pendahulu yang dengan gigih telah membangun TNI AD, sehingga mencapai kemajuan seperti saat ini”, sambungnya.

“Acara syukuran memperingati Hari Juang TNI AD ini dilaksanakan sebagai wahana untuk mensyukuri seluruh pencapaian yang telah kita raih bersama. Jadikan sebagai momentum untuk membulatkan tekad dalam meningkatkan kualitas pengabdian sebagai prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD di masa yang akan datang”, tambahnya.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan Wisuda Purnawira kepada beberapa Perwira Kodam XIV/Hasanuddin, sebagai bentuk penghargaan dan ungkapan rasa hormat kepada para Perwira yang masa pengabdiannya telah berakhir dan selama masa pengabdian tersebut telah mencurahkan waktu, tenaga, dan pikiran demi kejayaan TNI, bangsa, dan negara.

“Sebagai patriot bangsa, walaupun sudah purna tugas, namun tetap dituntut untuk menjunjung tinggi nilai-nilai moral, kepribadian, dan tradisi sebagai prajurit Sapta Marga dalam sikap dan perbuatannya”, pesan Mayjen Andi.

“Ingat slogan Jenderal Besar Douglas Mac. Arthur, “Old Soldiers Never Die” yang dapat diartikan bahwa pengabdian seorang kesatria tidak pernah berhenti, dan akan terus berlangsung selama hayat masih di kandung badan, hal ini juga sejalan dengan slogan Kodam XIV Hasanuddin; SETIA HINGGA AKHIR”, tutupnya.(Sukardin SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *