Walau Sudah Lewat Tanggal Jatuh Tempo WC Bantuan Dari PU Provinsi NTT Desa Dirma Belum Juga Selesai Dikerjakan

Malaka NTT – jurnalpolisi.id

WC bantuan dari PU Provinsi NTT untuk masyarakat Desa Dirma, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka belum selesai dikerjakan walaupun sudah lewat tanggal jatuh tempo yaitu 14 November 2020. Dana yang dialokasikan sebanyak Rp. 350.000.000 ( Tiga Ratus Lima Puluh Juta) untuk 29 buah jamban yang tersebar di seluruh wilayah Desa Dirma.

Berdasarkan keluhan masyarakat kemudian JPN menelusuri ini di lapangan ternyata benar bahwa WC tersebut dikerjakan belum mencapai 50%. Keluhan dari masyrakat yang mendapat bantuan ini bahwa ketika musim hujan tiba lubang WC tertutup kembali, maka biaya gali ulang di tanggung pemilik WC tersebut.

Untuk mengetahui hambatan mengapa pekerjaan ini tidak selesai di kerjakan JPN melakukan wawancara dengan seorang pendamping dan ia mengatakan bahwa “Keterhambatan ini terjadi akibat kelalaian masyrakat, yang menyiapkan bagian mereka yang merupakan swakelola seperti lubang WC di gali sendiri, bantu dan air”. Kemudian informasi ini di CrossCek dengan masyarakat ternyata masyarakat membantah itu. Kata mereka bahwa “tenaga teknis seperti tukang enggan mengerjakan karena biaya yang diberikan sangat murah, yaitu per WC Rp. 2.000.000 ( Dua Juta Rupiah)”. Akibatnya seorang tukang mengerjakan 2 sampai 3 WC.

Melihat sistem kerja seperti di atas pemerintah harus deteksidalam menentukan pihak-pihak yang hendak kerja agar bantuan untuk masyarakat dikerjakan secara bagus dan selesai tepat waktu agar masyarakat dapat menikmatiknya” kata (Yos Kabiro JPN Malaka.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *