Puluhan Paket Ganja Kering Diamankan Satgas Pamtas Yonif MR 413 Di Perbatasan RI – PNG

JAKARTA – jurnalpolisi.id

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/BRM Kostrad berhasil mengamankan dua puluh paket Ganja seberat 800 gram dari hasil kegiatan sweeping yang dilakukan di sepanjang jalan poros Keerom-Jayapura Distik Arso Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam konfirmasinya saat ditemui di Pos Kotis Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Kamis (18/2/2021).

Dalam upaya menjaga stabilitas keamanan dan mencegah kegiatan ilegal di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Pos Kout KM 31 pimpinan Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat (Wadansatgas) menggelar kegiatan sweeping pemeriksaan (sweeping) dengan sasaran pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di poros jalan Keerom-Jayapura.

“Berdasarkan laporan yang saya terima dari Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat, bahwa saat melakukan penyisiran di luar area pemeriksaan kendaraan roda dua maupun roda empat, salah satu anggota yang bernama Kopda Chundori menemukan dua puluh paket Ganja tersebut ,” ungkap Dansatgas.

Pada kesempatan terpisah, Wadansatgas Kapten Inf Hervin Rahadian menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan terhadap mobil pick up berwarna hitam Nopol PA 8128 AP dengan membawa delapan orang penumpang di belakangnya

“Curiga dengan gerak-gerik orang orang tersebut seolah seperti kebingungan, maka kita periksa secara detail namun tidak ditemukan adanya barang ilegal dalam mobil tersebut, bahkan kita cek satu persatu di kantung-kantung celana dan baju mereka juga tidak ada apa-apa,” ucap Hervin.

“Dengan menggunakan naluri, Kopda Chundori menyisir tempat sebelum mobil pick up itu masuk, dan akhirnya ia menemukan plastik hitam berisi dua puluh paket ganja kering siap edar seberat 800 gram, untungnya kita masih ingat Nopol mobil tersebut kemudian kami berkoordinasi ke Polresta Jayapura dan Polres Keerom untuk ditelusuri lebih lanjut,” tambah Hervin.

Puluhan Paket Ganja Kering Diamankan Satgas Pamtas Yonif MR 413 Di Perbatasan RI – PNG
“Awalnya saya tidak begitu curiga saat salah satu dari mereka membuang plastik hitam ke arah belakang, namun setelah melihat gerak-gerik mereka pada saat masuk area pemeriksaan seolah seperti ketakutan dan kebingungan. Setelah tidak didapati apa-apa dalam mobilnya mereka tancap gas begitu cepat. Kecurigaan saya semakin besar untuk membuka plastik itu dan ternyata benar, puluhan paket ganja ada di dalamnya,” tutur Kopda Chundori.
Barang bukti berupa ganja kering siap edar tersebut sementara ini diamankan oleh personel Pos Kout KM 31 dan sudah dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.
 (Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *