Puskesmas Peulimbang Memeriahkan Hari TB sedunia

Bireun – jurnslpolisi.id

Peringatan Hari Tuberculosis Sedunia   dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung program pengendalian TBC serta menempatkan TBC sebagai isu utama di semua sektor. Selain itu, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai upaya penyebarluasan informasi TBC kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terkait dengan pencegahan penularan TBC yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Dalam rangka memeriahkan Hari  TB sedunia  Puskesmas Peulimbang Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen bertepatan tanggal 24 Maret 2021 melaksanakan kegiatan pembagian Masker pada pasien yang hadir di Puskesmas Peulimbang dan memberi makanan tambahan pada penderita TB dengan berat badan rendah. Makanan tambahan tersebut berupa Telur, Susu, Kacang Hijau dan Gula.

Menurut penjelasan ibu Maryati SKM sebagai petugas TB di Puskesmas Peulimbang menjelaskan kami mensosialisasikan hidup sehat pada masyarakat, pengenalan penyakit Tuberkulosis sejak dini dan bagaimana pencegahannya kita fokus pada pengenalan apa itu penyakit TB lalu apa yang dilakukan agar terhindar serta kita ajarkan etika batuk untuk tutup mulut dan tidak meludah sembarangan tempat.

Ibu Maryati SKM menambahkan dengan memperingati hari TB masyarakat tidak lagi menganggap remeh penyakit batuk . Dalam penjaringan yang patut kita curigai penderita batuk 12 hingga 14 hari pengobatan tapi belum juga sembuh sebaiknya segera di bawa ke Puskesmas tegas ibu Maryati.
Penulis : alfian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *