AKTIVITAS PETIR AWAL AGUSTUS DI SUMATRA UTARA

Samosir – jurnalpolisi.id

Senin, 10 Agustus 2020. Aktivitas petir periode 03 Agustus 020 s/d 09 Agustus 2020 di wilayah Sumatra Utara, berdasarkan rekaman peralatan Lightning Detector di Stasiun Geofisika Kelas 1 Deli Serdang sebanyak 7270 kali.

 

Teguh Rahayu yang kerap disapa Ayyu sebagai Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang melalui pesan WhatsApp kepada awak media JPN, menjelaskan klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu dengan dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. Dari hasil rekaman lightning detector, pada periode satu pekan ini tidak terdapat daerah yang mengalami tingkat sebaran petir tinggi. Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir Sedang berada di daerah Batubara, Deli Serdang, Karo, Langkat, Serdang Bedagai, dan Simalungun. Jelas Ayyu

 

Dominasi sebaran petir dengan kategori Rendah berada di wilayah Asahan, Binjai, Dairi, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Medan, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematan Siantar, Samosir, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tebing Tinggi, dan Toba Samosir, Paparnya.

 

Himbauan untuk masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi, untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, website stageof.deliserdang.bmkg.go.id, Telp./Whatsapp 0811-6041-720, Instagram @bmkg_deliserdang, dan email geofisikatuntungan@gmail,com. Tegas Ayyu lagi. ( M. Sid )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *