AKTIVITAS PETIR PEKAN III AGUSTUS DI SUMATRA UTARA

Samosir – jurnalpolisi.id

Senin, 24 Agustus 2020. Aktivitas petir periode 17 Agustus 2020 s/d 23 Agustus 2020 di wilayah Sumatra Utara, berdasarkan rekaman peralatan Lightning Detector di Stasiun Geofisika Kelas 1 Deli Serdang sebanyak 40.417 kali.

 

Teguh Rahayu yang disapa Ayyu sebagai Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang melalaui pesa whatsApnya menjelaskan klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu dengan dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Dari hasil rekaman lightning detector, pada periode satu pekan ini, daerah yang memiliki kategori sambaran petir Tinggi berada di daerah Deli Serdang dan Serdang Bedagai. Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir Sedang berada di daerah Asahan, Batubara, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Medan, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Toba Samosir.

 

Lebih lanjut dijelaskannya. Dominasi sebaran petir dengan kategori Rendah berada di wilayah Binjai, Gunungsitoli, Labuhanbatu Selatan, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematang Siantar, Samosir, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli Tengah, dan Tebing Tinggi. Jelas Ayyu.

 

Himbauan untuk masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi, untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, website stageof.deliserdang.bmkg.go.id, Telp./Whatsapp 0811-6041-720, Instagram @bmkg_deliserdang, dan email geofisikatuntungan@gmail,com. ( M. Sid )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *