Terlambat Proses Pelayanan KTP Via Online Catatan Sipil Kota Makassar, Di’ Jadikan Keluhan Masyarakat Kota Makassar
Makassar – jurnalpolisi.id
Berdasar pantauan Media Pada Kamis 06 Agustus 2020 saat mendatangi kantor catatan sipil makasar saat komfirmasi terkait adanya hal keterlambatan Respon permohonan pengurusan Berkas via online di’ nilai masyarakat lamban tertangani Oleh pelayanan capil via online ,Kendati demikian beberpa Warga yang Tidak ingin di’ sebutkan namanya yang juga datang ke kantor catatan sipil Mengaku saat di’ temui Media di halaman kantor catatan sipil mengatakan bahwa seharusnya sistem via online selain mencegah adanya kontaminasi Secara langsung guna memutus mata Rantai Virus Covid 19 sistem via online seharus nya melayani dengan cepat,Tidak menunggu berlama lama hingga sampai 1 Bulan bahkan ada yang sudah 2 Bulan belum juga di’ proses
Menurut Warga tersebut yang Tidak mau di’ sebutkan inisial dan namanya Menambahkan bahwa ini saya ke kantor catatan sipil kota makassar pertanyakan karena masa’ sudah dua Bulan permohonan pindah keluar tapi sampai sekarang belum juga ada pemberitahuan yang katanya akan di’ kirim via email setelah di’ proses via online tapi ini malah Tidak ada,untuk format permintaan sudah sesuai dan sudah di’ kirim tapi Tidak juga direspon ,dikatakan ke Media
Selain Warga yang mengurus surat pindah domisili keluar, juga dari team Media menemukan salah satu Warga saat ketuk ketuk pintu yang ada di’ belakang yaitu sebuah pintu kecil seorang ibu’ tersebut mengetuk ngetuk pintu yang konon sudah lebih dari 20 Menit tapi Tidak ada yang buka , kemudian team Media mendekati seorang tersebut guna mengetahui keperluannya sehingga berada di’ kantor catatan sipil yang itu saja terbuka.
Usai djtemui, Warga tersebut mengatakan bahwa saya mau urus surat kematian suamiku nak, dari tadi saya ketuk ketuk ini pintu Tapi belum ada yang buka, Karena hanya pintu di’ sini saja bisa ada akses masuk karena pintu utama bagian depan masih kondisi di’ gembok.
Tidak lama kemudian setelah di’ lakukan wawancara datanglah seorang Pegawai capil dari luar menyampaikan bahwa ibu’ urusan apa .apa sudah janjian bu’ ke Orang nya .
Hal keterlambatan proses pelayanan catatan sipil kota makassar via online juga dialami Oleh kabiro 0globalinvestigasinews.com di’ mana kebetulan juga telah mengajukan permohonan pindah keluar kabupaten pada Juma’at 03 Juli 2020 Namun hingga sampai Rabu tanggal 05 Agustus 2020 belum juga ada respon balasannya dari capil catatan sipil kota makassar.
Di sini lah dikeluhkan Oleh semua masyarakat bahwa adanya sistem via online belum dapat melayani Secara maksimal untuk kebutuhan masyarakat.karena percuma daftarkan via online jika Pada ujung nya juga ke kantor catatan sipil ujar.kabiro Media GLOBALINVESTIGASINEWS ‘.com
Harapannya ada evaluasi terkait pelayanan via online, sebab pelayanan via online seharus nya ini adalah sistem yang lebih mempermudah bagi yang berkesibukan bahkan yang Memiliki urgengsi yang lebih cepat Namun justru di’ nilai pelayanan via online malah sebaliknya , lamban tertangani Secara cepat.
Terkait hal keterlambatan proses pelayanan catatan sipil kota Team Media Melakukan komfirmasi langsung ke kantor catatan sipil kota makassar ke Bu’ Dra.Hj.Melyana Zumbriana.MM selaku kepala Bidan pelayanan pendaftaran penduduk catatan sipil kota makassar saat di’ temui di’ ruangannya menyampaikan bahwa semenjak bulan tujuh memang sedang ada perbaikan sevver website . sehingga terkendala disistem pelayanan via online ikut terganggu.
Lanjut kepala Bidan pelayanan pendaftaran penduduk catatan sipil kota makassar Kepada Media bahwa sebenarnya kalau pelayanan via online lebih cepat Tidak sampai berbulan Bulan ,Hanya saja mungkin pemohon saat mengajukan ada yang salah masuk/imput data ke Dalam sistem,Bisa saja dia mau keluar tapi di’ input ke pindah datang,Dan biasa juga itu kadang email nya yang di’ pake daftr Tidak aktf lagi atau alamat email nya bukan punya nya, Nah itu jadi kendala nya sehingga Tidak ada respon masuk,capnya ke Media
Lanjut ibu’ kabid menyampaikan bahwa kami berterima kasih juga Kepada bapak selaku dari Media karena telah menyampaikan aspirasi masyarakat Kepada kami sehingga hal ini menjadi bahan evaluasi buat Kedepan nya.karena untuk via online ini sebenarnya lebih mempermudah bagi masyarakat yang membutuhkan Apalagi masyarakat yang penuh dengan kesibukan Tidak sempat kekantor capil.di tambah kan lagi saat kondisi Pandemik Covid 19 saat ini kota makassar sedang masuk wilayh sona merah apabila ada yang satu saja terkontaminasi maka bisa saja kami semua di’ isolasi mandiri kata kabid capil makassar ke Media
Di’ tambahkan lagi soal pelayanan aduan via chat whasapp juga Belum ada oprator khusus, sehingga masa’ transisi pelayanan via online ini masih di’ respon chat nya Oleh siapa saja yang melihat di’ monitor komputer ada pertanyaan masyarakat,
Ibu kabid mengatakan pula bahwa ,biasa kadang saya sendiri langsung balas chat jika Pegawai lain sedang ada kesibukan.tapi untuk Kedepan nya kami akan membuat khusus satu Pegawai yang stamby Memonitor chat sehingga keluh kesah masyarakat yang telah memohonkan Secara online bisa direspon cepat selama hari dan jam kerja tutup nya ke Media ( Sukardin SH)