Bhabinkamtibmas Desa Kajen Aktif Edukasi Masyarakat Untuk Memakai Masker

Dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 diwilayah Kabupaten Klaten pada umumnya,  khususnya di Desa Kajen, Kecamatan Ceper  menggalakkan operasi masker. Disamping operasi masker, kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk menyadarkan masyarakat supaya menaati protokol kesehatan dimasa pandemi juga rutin dilaksanakan oleh pemerintah desa setempat.

Dalam memberi edukasi masyarakat, pemerintah desa selalu menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Saat ditemui jurnalpolisi.id disela sela operasi masker di Desa Kajen,  Bhabinkamtibmas  Desa Kajen,  Brigpol Wawan Prasetyo menyampaikan,  dirinya bersama  pemerintah desa dan babinsa setempat selalu mengadakan penyuluhan dan sosialisasi protokol kesehatan.

“Untuk membudayakan warga selalu memakai masker saat keluar rumah.  Dengan adanya adaptasi kebiasaan baru, masih banyak masyarakat yang belum mengerti,” ucap Wawan,  Kamis (10/09/2020) pagi.

Ia menjelaskan pengertian new normal bukan berarti keadaan sudah normal seperti sebelum pandemi, namun masyarakat harus melaksanakan kebiasaan baru yakni memakai masker,  rajin cuci tangan pakai sabun, selalu jaga jarak dan tidak berkerumun.

Mengenai kegiatan operasi masker,  Kades Kajen Joko Purnomo mengungkapkan tujuan dari kegiatan operasi masker ini yakni untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya memakai masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan Covid-19.

” Untuk mendisiplinkan warga agar tertib menaati protokol kesehatan dan memberikan edukasi adaptasi kebiasaan baru,” tuturnya.

Joko Purnomo menyebutkan, untuk operasi masker yang dilaksanakan di jalan depan kantor desa setempat berhasil menjaring 12 pelanggar.

“Untuk operasi masker pagi ini, ada 12 orang yang tidak memakai masker, semuanya diberikan sanksi melakukan kerja sosial dengan menyapu halaman kantor desa,” ujar Joko Purnomo.
(Tumirin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *