BUPATI MUSI RAWAS MENGHADIRI SEDEKAH BUMI DI DESA SRIMULYO

Musi Rawas – jurnalpolisi.id

 Musi Rawas. Sebagai Wujud Sukur atas Nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta Allah Swt, Kepala Desa bersama Masyarakat Memperingati hari Ulang Tahun yang ke-57 tahun,dan Sedekah Bumi Di Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (12/9/2020).

Dengan slogan “HIDUP BUDAYAKU MAJU DESAKU” kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes) Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Srimulyo, Hamdani, dalam sambutannya mengatakan sedekah bumi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya yakni ketika memasuki bulan Suro atau bulan Muharam.

”Sedekah bumi ini secara rutin kami adakan setiap tahunnya dan biasanya juga digelar pertunjukan wayang kulit,”katanya.

Namun untuk tahun ini, sambung Kades, dikarenakan masih mewabahnya pandemi Covid-19 maka pagelaran wayang kulit ditiadakan dan dilakukan dengan sederhana.

“Walaupun dilaksanakan secara sederhana, tidak mengurangi rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan,”ujarnya.

Selanjutnya, Kades menjelaskan bahwasanya di Desa Srimulyo tidak ada lagi perbedaan antara masyarakat dari Jawa dengan masyarakat lokal, semuanya sudah membaur dengan adat istiadat jawa.

“Kegiatan ini merupakan murni swadaya masyarakat dan tidak ada sepeser pun menggunakan uang kas desa. Semoga di tahun ini dan kedepannya rejeki untuk masyarakat Desa Srimulyo semakin bertambah dan berkah,”tutupnya.

Sementara, Bupati Mura, H. Hendra Gunawan, mengapresiasi Pemerintah Desa Srimulyo atas kemampuannya menyelenggarakan sedekah bumi walaupun ditengah Pandemi Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap warga Desa Srimulyo yang telah melaksanakan sedekah bumi sebagai wujud syukur kepada sang pencipta,”katanya.

Ditambahkan Bupati, banyak macam wujud syukur dan ini salah satunya yakni kesehatan, karena terkhusus di Kecamatan STL Ulu Terawas kasus Covid-19 Nol Karena semuanya Bebas Dari Corona.

“Saya juga berpesan, dikarenakan Kabupaten Mura akan melaksanakan Pilkada, jangan sampai masyarakat terpecah belah hanya karena berbeda pilihan. Mari kita ciptakan Pilkada Mura yang bersih, damai dan kondusif,”tutup Bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Mura, Camat STL Ulu Terawas, Kapolsek STL Ulu Terawas, Danramil, Tokoh Adat, Tokoh Agama,Prokopimda,Perwakilan dari Kominfo,serta tamu undangan dari desa-desa tetangga.(ALI MU’AP  )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *