KP. Norman Hadinegoro : Menyoroti Mahalnya Sertifikat Halal

Jakarta – jurnalpolisi.id

MUI oh MUI sertifikasi halal harus bayar 3 jt untuk masa berlaku 2 thn setelah 2 thn hrs bayar lg 3 jt dst. padahal kami hanya UMKM yg modalnya kurang dari 200 rb ironisnya lagi  MUI dapat kucuran dana dari APBN seharusnya kami dapet sertifikasi halal gratis ??!!!  dimana loh.. taruh hatinurani kalian..???

Cerita sedikit tentang sertifikat Halal untuk setiap prpduk. aku termasuk pelaku UMKM yg mendapatkan bantuan APBD Provinsi Untuk pengurusan sertifikat Halal yg harganya Mahal sekali bagi pelaku UMKM dengan modal kurang dari 150rb. Sebelumnya aku tidak tau jika ngurus sertifikat halal itu bayar mencapai jutaan.tak pikir gratis seperti PIRT atau murah seperti HAKI. Ternyata ampun deh mahalnya. Ngurus sertifikat Halal bayar 3 jt per satu orang 1 produk. Kalo produknya lebih dari satu nambah nya per produk mulai dari 500, 400, dan terus turun (informasi dari deperindag Provinsi saat menginformasikan pelatihan untuk sertifikat halal ini pakai dana APBD).

Berlakunya juga cuma sebentar 2 tahun dan nanti kalo memperbarui bayar lagi 3 jt. Meski tidak perlu lagi pelatihan dan ada audit lagi (bisa ada bisa tidak auditnya). Kondisi seperti ini muncul pikiran bahwa sertifikasi halal kok sepertinya ladang proyek atau ladang bisnisnya MUI yg kategorinya ormas. Kenapa juga dulu sertifikat halal kewenangannya diberikan ke ormas bukan kepada lembaga negara yg jelas seperti ijin2 yg lain. Jadi janggal aja.

Coba dibandingkan saja perijinan PIRT dinkes yg sekarang ngurusnya satu pintu lewat DPMPTSP, HAKI Menkumham yg juga lewat DPMPTSP. Kenapa halal gak juga dimasukkan ke Kemenag lewat DPMPTSP ?

Perlu diketahui kalo peraturan belum berubah, PIRT gratis berlaku 5 tahun dan setelah 5tahun pembaruan gratis. HAKI berlaku 10tahun pbaruam hanya membayar 1 juta kalo saya tidak keliru.

Dari dua hal tersebut sangat keliatan “ada apa” dengan sertifikat halal kok malah diberikan kewenangan nya pada MUI yg ormas. Ini bisa memunculkan banyak persepsi loh.
Ke depan semoga sertifikat Halal bisa dikelola Kemenag. Aamiin **
✍🏼 Usep bandan bin sukandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *