PERNUSA HIMBAU RELAWAN JOKOWI AWASI BANSOS

Jakarta –¬†jurnalpolisi.id

Jakarta maupun daerah lainnya, masih banyak warga yang belum mendapat bantuan sosial atau bansos sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Baik yang masih bertahan di rumah kontrakan, indekost, serta para perantau yang ada di berbagai daerah yang terkena imbas pandemi Covid-19.

Mengetahui hal tersebut Ketua Perjuangan Rakyat Nusantara (Pernusa) KP Norman Hadinegoro meminta tim penyaluran bansos agar bergerak lebih cepat untuk memberikan bantuan yang tepat sasaran, tanpa harus memilah siapa yang harus mendapatkannya.

Hendaknya diikut sertakan Tim Relawan Jokowi untuk mengawasi atau ikut menyalurkan bantuan langsung dari pemerintah agar tepat sasaran

“Tim relawan mendapat keluhan langsung dari daerah, baik janda, maupun terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dirumahkan. Mereka meminta pada tim penyaluran bansos untuk memperhatikan juga kaum urban, pedagang kecil, kuli bangunan, pengemudi angkutan umum, serta buruh harian lainnya. Kita harus merasa senasib sepenanggungan dan gotong-royong, saling membantu sesuai pasal 34 Undang Undang Dasar 1945 ,” kata Norman kepada Tagar, Selasa, 5 Mei 2020.

Relawan Jokowi itu mengatakan, meskipun beberapa orang yang tinggal disuatu daerah tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di tempat itu, sesungguhnya mereka turut berkontribusi terhadap pembangunan di Indonesia.

Dia menegaskan, orang-orang tersebut juga harus dibantu, dalam konteks ini ialah diberikan bansos tanpa harus dipersulit.

“Di mana mereka selama ini telah berkontribusi dalam pembangunan. Jadi, meskipun mereka tidak ber-KTP setempat, namun harus tetap dibantu berdasarkan Kartu Keluarga (KK), karena memang merekalah yang saat ini tinggal di kontrakan-kontrakan yang sangat terdampak sosial, karena di samping harus bertahan hidup menyelamatkan keluarga, namun harus memikirkan uang kontrakan serta kebutuhan lain,” ujarnya.

Norman mengusulkan Tim Relawan Jokowi harus dilibatkan dalam memantau penyaluran bantuan dari Pemerintah Pusat. Permintaan itu dilakukan agar distribusi bansos dapat tepat sasaran, diterima masyarakat yang terdampak Covid-19.’

“Hendaknya diikut sertakan Tim Relawan Jokowi untuk mengawasi atau ikut menyalurkan bantuan langsung dari pemerintah agar tepat sasaran. Ini saya sampaikan karena banyak keluhan yang masuk ke WhatsApp saya, isinya mohon bantuan atas kesulitan ini, bahkan kami pribadi mengeluarkan bantuan beli beras untuk sekadar bertahan selama di rumah,” kata dia.

Norman juga berharap warga dapat membantu mempermudah pendataan bansos terhadap orang-orang yang belum memiliki KTP di tempat itu.

“Tentunya kita harus memberikan bantuan dan perhatian yang sama di lingkungan tempat mereka tinggal. Dalam pemberian bantuan baik yang mengontrak dapat diperlakukan sama dengan warga asli setempat,” ucap relawan Jokowi itu. ( Icky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *