Satgas Pamtas Yonif 312/KH Dampingi Puskesmas Ubrub Bagikan Kelambu Kepada Warga Perbatasan

Keerom Papua – jurnalpolisi.id

Dalam rangka mencegah dan mengurangi angka penyebaran penyakit malaria di perbatasan Papua, Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 312/KH mendampingi Puskesmas Ubrub melakukan sosialisasi pencegahan malaria serta membagikan kelambu kepada warga Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankipur III Satgas Pamtas Yonif 312/KH Lettu Inf Dadang Iskandar dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Sabtu (14/11/2020).

Dadang mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya satgas TNI untuk membantu Pemerintah Daerah setempat menanggulangi penyebaran penyakit malaria yang cukup tinggi khususnya di wilayah Kabupaten Keerom.

““Berbagai upaya kami lakukan untuk pencegahan dan pengobatan malaria, i antaranya adalah dengan bekerjasama baik dengan Dinkes maupun Puskesmas setempat melakukan penyemprotan lingkungan tempat tinggal dengan insektisida, pemberian kelambu, dan pengobatan secara medis,” ungkap Dadang.

Di tempat terpisah Danpos Somografi Letda Inf Arik Setiawan mengatakan selain memberikan kelambu secara gratis, satgas juga melakukan sosialisasi  kepada warga mengenai cara mengenali gejala awal, pengobatan dan pencegahan malaria.

“Salah satu pencegahannya adalah menghindari gigitan nyamuk pembawa parasit malaria, oleh karena itu kami harapkan kepada warga agar memanfaatkan kelambu itu dengan baik, jangan sampai setelah diberikan malah tidak dipergunakan,” kata Arik.

“untuk lebih memaksimalkan kegiatan ini kami juga mendatangi rumah-rumah warga yang tidak dapat ikut menghadiri kegiatan ini untuk memastikan setiap warga binaan kami mendapatkan kelambu ini,” tambah Arik.

Arik bepesan agar masyarakat menggunakan kelambu dengan baik dan mengantisipasi penyakit malaria, DBD, serta penyakit yang berbasis lingkungan lainnya, dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. (Pendam III/Siliwangi.ds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *