Wakil Bupati Aceh Timur Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrim

 

Aceh Timur – jurnalpolisi.id

Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul bin Syamaun menghimbau kepada masyarakat di daerahnya untuk tetap mewaspadai kondisi cuaca ekstrim sebagai upaya meminimalkan dampak terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang.

“Kami mengimbau masyarakat mewaspadai kondisi cuaca ekstrim, sebagai upaya bersama mengurangi resiko jika terjadi bencana alam, yang bisa terjadi secara tiba-tiba,” kata orang nomor dua di Aceh Timur kepada media SUARAKPK com, Minggu (6/12/2020).

Dia menjelaskan,pasca terjadinya banjir bandang yang sempat merendam puluhan rumah warga dan sebagian warga sempat mengungsi.

Dia menyebutkan, sejatinya bila sejak awal ada antisipasi dari masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrim,tentu dapat meminimalkan jatuhnya korban.Juga bisa meminimalisir kerugian masyarakat.

Wabup mengatakan, masyarakat di kawasan pinggiran Sungai dan perbukitan juga harus selalu waspada. “Kita ketahui hampir setiap tahun sungai ini meluap. Jadi harus diantisipasi dari sekarang,” tambahnya.

Di samping itu, Syahrul juga berharap kepada masyarakat,jika terjadi musibah bencana, agar segera melapor ke BPBD supaya cepat mendapat penanganan atau tanggap darurat.

Jika warga kesulitan melapor langsung, bisa melalui pemerintahan di desa, yang kemudian akan meneruskan laporan masyarakat itu.

“Karena saya sudah instruksikan Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk sigap menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” tegas Syahrul bin Syamaun.( Zainal Abidin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *