Bupati dan Kepala BPBAP Ujung Bate Cek Kesiapan Kawasan Shirmp Estate

Aceh Timur — jurnalpolisi.id

Bupati Aceh Timur H. Hasballah bin H.M Thaib, SH atau yang akrab disapa Rocky bersama Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee kembali meninjau kawasan rencana pengembangan Shirmp Estate  di Gampong Paya Dua Kecamatan Peudawa Aceh Timur, Kamis 28 Januari 2021.

“Hari ini kita turun mengecek persiapan lahan. Jika lahan sudah clean and clear
maka pembangunan kawasan udang akan segera kita mulai, bisa di Paya dua dan bisa di kecamatan lainnya yang paling penting saat ini adalah persiapan lahan,” kata Bupati Rocky disela – sela meninjau kawasan Udang di Paya Dua, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

Bupati berharap pembangunan tambak udang mendapat dukungan semua pihak sebab selain menguntungkan petani tambak, pembangunan kawasan ini menjadikan ekonomi baru serta mendongkrak  Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita berharap semua pihak mendukung program nasional karena program ini berdampak positif di semua sektor. Proyek ini akan menjadi Gampong menjadi kaya industri udang sehingga akan menambahkan PAD Gampong, Kabupaten hingga Pusat,” tukas Bupati.

Bupati mengaku optimistis program ini akan sukses jika masyarakat ikut berpartisipasi dalam program nasional ini. Maka dengan itu pihaknya saat terus melakukan upaya pendekatan dengan sosialisasi program gemilang ini kepada masyarakat.

“Secara lahan 10.000 hektar kita sudah sangat siap. Kita sekarang hanya  menunggu MOU dengan masyarakat bagaimana skema yang dikelola nantinya mulai dari pengelolaan hingga pembagian hasil. Skema ini akan kita sampaikan kepada masyarakat secara jelas sehingga tidak terjadi tumpang tindih saat program sudah berjalan,” tandas Rocky.

“Kita juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa kehadiran pemerintah dalam progres ini bukan untuk menyelesaikan konflik sosial masyarakat tapi untuk mewujudkan pembangunan tambak udang.  Yang paling terpenting program ini bisa membangkitkan ekonomi ummat,” demikian pungkas Bupati Rocky.

Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP M.Tahang mengaku pihaknya juga serius mendampingi Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk pembangunan program Kawasan Udang.

“Jika dilihat progres persiapan lahan sudah maksimal, namun hanya pola dan skema kerja mungkin harus lebih di perjelas kembali kepada masyarakat, salah satunya pola bagi hasil. Upaya ini terus kita lakukan dengan mendengar langsung apa saja yang disampaikan masyarakat dan mengatur pola kerja yang baik tentunya,” kata Tahang.

Tahang mengaku secara teknis kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia sampai saat ini  belum ada masalah, Kementerian tentunya akan segera berkerja jika semua persiapan lahan sudah siap.

“Pola yang dipakai akan ditindaklanjuti . Intinya masyarakat akan membentuk koperasi dengan maksud untuk memadukan lahan warga menjadi satu.
Jika sudah menjadi koperasi akan menjadi satu klaster baru yang pengelolaannya bisa dilakukan dengan mudah. Jadi di sana tidak muncul konflik sosial,” pungkas M.Tahang seraya mengaku dalam waktu dekat BPBAP akan segera berkantor di kabupaten Aceh Timur dalam upaya mempercepat proses pembangunan kawasan udang ini. ( Zainal Abidin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *