Peduli Pendidikan, Korem 151 Binaiya Dan PT Taspen, Bangun SD Merah Putih.

Maluku -Jurnalpolisi.id

Peduli terhadap pendidikan di Maluku, Korem 151 Binaiya bersama PT Taspen membangun Sekolah Dasar (SD) Merah Putih, di Dusun Sehari Kecamatan Seram Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah. Peresmian Sekolah Dasar Merah Putih, dilaksanakan pada hari Sabtu, (23/1/2021) ditandai dengan potongan pita dan pendatanganan prasasti oleh Dandrem 151 Binaiya, Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw.

Dalam sambutannya, Dandrem 151 Binaiya mengatakan, pembangunan infrastruktur bukan hanya dijalan atau jembatan, tetapi sekolah juga termasuk didalamnya. Menurutnya, kunjungan yang dilakukan atas perintah dari Pangdam XVI Pattimura, agar TNI AD selalu terlibat dalam kegiatan masyarakat. Karena TNI, dari rakyat dan, untuk rakyat serta kembali untuk rakyat.

Ritiauw menjelaskan, sewaktu menjabat sebagai Dandrem di Gorontalo, dirinya kaget mendengar berita di Maluku ini, masih ada masyarakat yang kelaparan yaitu, di Mausuane. “Ini saya kira, itu wartawan salah tulis berita. Tetapi, ternyata benar. Dan saat ini, saya merasah bersyukur karena untuk sekarang, sudah di bangun pemukiman oleh TNI Angkatan Darat (TNI AD), yang bekerjasama dengan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebenarnya dirinya merasah prihatin di masa yang sudah modern ini, masih ada masyarakat yang belum bisa membaca, dan menulis. Untuk itu, dirinya akan perintahkan kepada Babinsa, guna membantu mengajar. Ditambahkan, TNI AD tidak mempunyai biaya untuk membangun. Karena, keterbatasan anggaran. Akan tetapi, dirinya akan meminta bantuan dari pihak Pemda. TNI AD, siap membantu program pemerintah, dan akan kami kerjakan.

Ditempat yang sama, Camat Seram Utara Timur Kobi, Didik Tristi Warso mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI AD, atas bantuan pembangunan Sekolah Dasar (SD). “Dengan adanya bangunan sekolah baru ini, bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi,” ujarnya. Dirinya berharap, kerjasama antara aparat TNI AD dengan masyarakat, tetap terjalin dan dapat ditingkatkan kedepannya.

Pada kesempatan itu, Camat juga meminta bantuan kepada TNI AD, terkait dengan pembangunan jembatan yang akan menuju ke Mausuane. Ucapan terimakasih, kepada Dandrem, serta PT Taspen Ambon, dilontarkan oleh kepala Dusun Siahari Simron Hipaana.

Menurutnya, sebagai Kepala Dusun, mewakili masyarakat Siahari, dirinya mengcupkan terimakasih, dan bersyukur. Karena, dengan adanya kerjasama PT Taspen dan TNI Angkatan Darat (TNI AD), pembangunan lembaga pendidikan di Dusun Siahari bisa selesai.

“Sebagai masyarakat, katong semua bersyukur, karena di tahun tahun yang lalu belum ada momen seperti ini,” demikian diucapkan kepala Dusun mewakili masyarakat. Ia menambahkan, saat ini, gedung sudah ada. Tetapi, yang masih kurang adalah, tenaga guru. Untuk itu, dirinya meminta kepada pemerintah, agar tenaga guru bisa didatangkan. Karena selain SD, SMP pun, masih kurang tenaga guru.

Kedatangan Dandrem 151 Binaya, berserta rombongan disambut ucapan selamat datang oleh siswa siswi SD SMP Siahari, dan Pengalungan Syal, serta tarian adat Cakalele, yang dibawahkan oleh masyarakat Dusun Siahari.
Editor: Keklir Kace Makupiola
Perwakilan: Papua & Maluku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *