412 Napi Lapas Idi Ikuti Pembinaan Keagamaan di Bulan Ramadan


Aceh Timur-412 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Idi Kabupaten Aceh Timur mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan selama bulan Ramadan 1442 Hijriyah.

Kepala Lapas Idi, Eka Priyatna mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan pembinaan tersebut dipusatkan di Musala At Taubah Lapas Idi maupun di masing-masing kamar hunian.

“Tujuan pembinaan keagamaan ini untuk membekali para narapidana dengan ilmu keagamaan yang nantinya bisa menjadi bekal ketika telah kembali ke masyarakat dan juga untuk memberikan kesadaran agar selalu mengingat pencipta dan menyesali perbuatan yang telah dilakukan,” ujarnya, Senin (10/05/2021).

Ia menjelaskan, sebelum bulan Ramadan, memang kegiatan pembinaan keagamaan berjalan rutin di Lapas Idi ini, baik itu pengajian rutin, kegiatan shalawat, maupun shalat lima waktu berjamaah.

Akan tetapi di bulan Ramadhan ini, menurut Eka, pelaksanaannya di tingkatkan intensitasnya, juga ditambah dengan pelaksanaan shalat tarawih berjamaah, tadarus bersama di musala.

“Kita juga mengadakan lomba keagamaan yang antar kamarberupa lomba azan, lomba hafalan surat pendek, dan lomba praktik shalat fardhu. Semua kegiatan ini tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Lapas Idi dihuni 412 orang dengan berbagai kasus yang hampir 70 persennya adalah kasus narkotika. Kapasitas lapas Ini hanya 63 orang, sehingga kelebihan kapasitas hampir 543 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *