BPN Klaten Terbakar, Arsip dan Berkas Penting Ikut Ludes


Klaten, jurnalpolisi.id
Kantor BPN Kabupaten Klaten terbakar,Sabtu (22/05/2021) petang. Api menghanguskan ruangan di lantai 2 Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klaten yang terletak di Jalan Veteran, Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara tersebut. Adapun isi ruangan berupa arsip dan berkas-berkas penting.

Saat ditemui di lokasi kejadian, Wakapolres Klaten Kompol Adi Nugroho mengatakan, saat ini petugas kepolisian masih melakukan pengamanan di lokasi.

“Besok pagi dari labfor (melakukan pemeriksaan) untuk menentukan penyebab kebakaran,” ujarnya, Sabtu (22/05/2021) malam.

Ia menyebutkan, kebakaran terjadi di ruangan arsip di gedung bagian belakang lantai 2, dan ada 5 ruangan yang terbakar. Namun dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa.

“Nihil korban jiwa, sedangkan untuk kerugian materi sampai saat ini masih diperkirakan. Nanti yang jelas kami lapor dulu, terkait penyebab dan kerugian kami hitung ulang,” ungkapnya.

Menurut Wakapolres, saat ini pihaknya juga sudah meminta keterangan dari pegawai BPN. Meski demikian, ia masih enggan memberikan keterangan terkait hal tersebut.

“Pegawai sudah kami interogasi awal, seperti apanya masih berproses, nanti akan kami sampaikan kalau sudah ada info lebih lanjut,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kabupaten
Klaten, Joko Hendrawan menyatakan,pihaknya mendapatkan laporan sekira pukul 17.57 WIB.

“Kami menerima laporan dari masyarakat, bahwa di gedung arsip BPN terjadi kebakaran,” kata Joko Hendrawan.

Untuk memadamkan api, kata Joko, pihaknya menerjunkan 4 armada Damkar yang dibantu mobil tangki air dari BPBD. Selain itu, Satpol PP juga menerjunkan sekitar 20 anggota Damkar dibantu PMI, SAR, BPBD, TNI/Polri, dan relawan.

Mengenai penyebab kebakaran di ruangan arsip tersebut, menurutnya, sejauh ini masih dalam penyelidikan.

“Saat ini masih fokus penanganan arsip yang bisa diamankan. Kemudian karyawan BPN juga sudah datang menyelamatkan arsip yang lain,” pungkasnya. (Tumirin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *