Pengukuhan dan Prosesi Adat Sasak “Sembe Buraq” Pengurus ASLI 2022-2027 di Taman Budaya Mataram

Mataram – jurnalpolisi.id

Pengukuhan dan Prosesi Adat Sasak Sembe Buraq kepada Pengurus terpilih hasil kongres ke-1 ASLI yang sudah berlangsung (14/5/2022) di aula Rinjani BPSDM Provinsi Nusa Tenggara Barat diadakan di Taman Budaya Mataram (15/5/2022).

Sebelum pelaksanaan prosesi adat Sembe Burag dimulai terlebih dahulu Majelis Adat Sasak dan Pemucuk Wali Paer menerima kedatangan Rombongan Gubernur NTB dan peserta kongres ASLI yang berasal dari 60 Kota/Kab dengan 110 peserta dengan berpakain adat Sasak lengkap diiringi tetabuhan Gendang Beleq.

Selanjutnya rombongan diiring ke Sanggar Seni Taman Budaya Mataram tempat prosesi sembe buraq yang sudah ditunggu oleh sesepuh Lombok Drs. Lalu Serinata dan Drs. H. Lalu Azhar dan tamu undangan lainnya.

Prosesi adat sembe Buraq dilakukan secara bergiliran kepada pengurus ASLI terpilih yang dilakukan oleh Drs. Lalu Azhar, Drs. Lalu Serinata dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang berlangsung hikmad.

Adapun pengurus ASLI terpilih masa bakti 2022-2027 yang dilakukan Sembe Buraq yakni Ketua Umum Terpilih : DR. Lalu Masud Kholah, ST, MT (KSL Makassar)
Ketua I : DR. Taufiq Qoriadi, ST, MT, (Yogja) Sekjen: Mahrip, S.Pd (KSL Palopo)
Bendahara Umum: H. Rizal Yasri (IKBL Bali) dan Pengurus dari masing masing daerah.

Salah seorang sesepuh
Lombok Drs. H. Lalu Azhar Pemban Adat Gumi Sasak memberikan nasehat kepada Peserta kongres yang singkat padat dan penuh makna yakni “Solah Gawe, Solah Dait sebaliknya Legi Gawe Legi Dait ( Bagus yang kita perbuat/kerjakan, bagus yang kita dapatkan/hasilkan sebaliknya jelek yang kita perbuat/kerjakan, jelek yang kita dapatkan/peroleh) dan jangan lupa Jati Diri sebagai “Orang Sasak”.

Sementara itu ditempat terpisah Gubernur NTB Zulkieflimansyah berpesan agar para peserta kongres ASLI selalu kompak, solid di rantauan, dan pelaksanaan kegiatan seperti ini agar nantinya bisa dilaksanakan di daerah asal masing masing, ujarnya.

Dari pantauan Labulianews.com yang tampak hadir pada prosesi pengukuhan (Sembe Buraq) yakni Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Anggota DPR RI H. Suryadi Jaya Purnama, Anggota DPD RI Ir. H. Ahmad Sukiman Agung, Pemban Adat Gumi Sasak Drs. H. Lalu Azhar, Pemucuk Wali Paer MAS Prof.Ir.H.Mansur Ma’shun PhD, Ketua Harian MAS Lalu Bayu Winda, Ketua DPD Aman Loteng Hj. Baiq Multi S.Ip. Ketua Pemban Selaparang Amaq Mila, Ketua PW Aman NTB Lalu Prima Wira Putra. Kepala Baskebangpoldagri NTB Lalu Abdul Wahid SH, Ketua Umum Sasak Muda Bersatu H. Lalu Winengan, Budayawan Sasak H. Lalu Nasib, dan 110 orang peserta kongres ASLI.

Dan terlihat juga para kepala Dinas/OPD Kota Mataram Provinsi NTB, Anggota DPRD, Kota, Kab, Provinsi NTB dan Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Budaya Sasak serta anggota Laskar Sasak serta para undangan lainnya.

Lalu Bayu Winda dalam sambutannya mengatakan Bahwa ASLI ini adalah perkumpulan dari Komunitas, Perkumpulan, Forum orang orang Sasak yang sudah terbentuk di masing masing daerah se Indonesia yang menyatukan diri didalam wadah yang di beri nama ASLI (Aliasi Sasak Lombok Indonesia).

Lanjutnya, Kata Miq Windia dari 60 perkumpulan, Forum orang Sasak se Indonesia dan 110 orang peserta yang hadir di kongres ini belum pernah saling mengenal satu sama yang lainnya secara pisik, dan di kongres ini lah mereka saling mengenal, sehingga agenda sidang sempat tertunda karena menyampaikan rasa gembira, kangen dan rindunya satu dengan yang lainnya, tambah miq Winda.

Lalu Winda juga menyampaikan selesai acara Sembe Buraq ini akan dilanjutkan dengan acara pentas seni dan budaya Peresean dengan menghadirkan pepadu pepadu ternama dan malamnya akan dilanjutkan dengan acara begandrungan atau bejogetan, katanya.

Besok siangnya rombongan ASLI akan diterima, silaturrahmi oleh Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri di Pendopo, kata miq Winda.

Sementara itu Ketua Umum ASLI DR. Lalu Masud Kholah, ST, MT didampingi Sekjen ASLI Mahrip S.Pd Putra Desa Labulia yang sudah menetap di Palopo mengatakan organisasi ASLI ini murni organisasi Sosial kemasyarakatan yang mandiri yang tidak beraplesiasi kepada atau dengan ormas tertentu atau partai politik tertentu, ujarnya.

“ASLI ini murni mandiri tidak beraplesiasi dengan ormas atau partai politik tertentu” tegasnya.

ASLI ini satu satunya organisasi orang Sasak di Indonesia yang berskala Nasional bahkan Internasional dan kami sudah launching Aplikasi Android “ASLIque” yang bisa diakses oleh semua orang Sasak di manapun berada di dunia.

Kami memiliki program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang kedepannya semoga ASLI bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan Nasional dan khususnya pembangunan di NTB, kata Mahrip yang juga Ketua IKA SMA Jonggat. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *