Patroli Holtom Kamtibmas, Polres Tual Sambangi Desa Taar

Kota Tual – jurnalpolisi.id

Holtom Kamtibmas atau yang sering diartikan sebagai duduk bacarita, adalah program unggulan dari Polres Tual didalam menurunkan tingkat kejahatan yang terjadi.

Bilamana itu disosialisakikan di Ohoi/Desa Taar, Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual. Sangat mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat.

Namun akhirnya warga juga turut menyampaikan kekesalanya kala itu. Pada sesi tanya jawab, salah satu warga mengungkapkan ekspresinya akan pelayanan dari Polres Tual.

“Karna terkadang hanya orang tertentu saja yang mendapatkan pelayanan cepat, dan kami orang yang tidak mempunyai kenalan sangat lambat direspon,” ujar warga (10/06) di Balai Desa Taar.

“Kami sangat berharap sekali agar kedepan Polres Tual lebih maju lagi didalam mengedepankan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Berbeda dengan apa yang disampaikan para tokoh agama, yang sama-sama menginginkan adanya ketrentaman di Desa pelayananaya itu.

Hal itu kemudian menjadi atensi dari Pj. Kepala Desa Taar Jonas R Songyanan, SE dan kepada media ini dirinya mengapresiasi tinfakan dari Polres Tual yang tanpa henti-hentinya memberikan pencerahan lewat Holtom Kamtibmas.

Diakuinya kalau kehadiran dari Polres Tual, sudah disampaikan kewarga. Hanya saja menurut Songyanan bahwa sebagian dari warga di Desa ini bekerja sebagai ASN sehingga tidak sempat menghadiri.

Pantauan media ini mereka yang hadir sebagian besarnya berasal dari para perangkat Desa, para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh pemuda.

Namun menurut Songyanan yang menjadi keresahan dimasyarakat saat ini adalah miras.

“Jadi terkait dengan miras, tentu saja ini menjadi keresahan, dan bukan hanya di Desa Taar, tapi juga pada umumnya. Kami akan terus berkolaborasi dengan pihak Polres Tual, untuk bagemana kita meningkatkan kewaspadaan akan peredaran miras itu sendiri,” sebut Pj. Kepala Desa Taar.

Dia juga bilang kalau nantinya ada langkah awal yang akan dilakukan, yaitu dengan pendetan secara kekeluargaan.

Serta apabila itu tidak diindahkan lagi maka, dirinya bersama para perangkat desa lainya akan mengambil sikap tegas.

“Jika hal itu kami lakukan, maka dengan sangat menyesal sekali kami akan mengambil tindakan tegas, seperti melakukan penyitaan,”tegas Songyanan

Sembari itu Jonas sapaan panggilan akrab Pj. Kepala Desa, kalau dia akan mengambil langkah dan upaya berupa koordinasi langsung dengan bagian Sat Res Narkoba untuk melakukan penyitaan, juga proses hukum bagi orang yang tidak mengindahkan seruan itu.

Adapula yang disampaikan Kapolres Tual AKBP Dax Emmanuelle S.I.K lewat Kasat Binmas Polres Tual, Iptu Sandrawali kalau Polres Tual akan memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang membutuhkan, teristimewa yang berkaitan dengan kamtibmas.

“Kami Polres Tual akan selalu tanggap terhadap infirmasi yang disampaikan, untuk itu harapanya kepada seluruh warga agar selalu mematuhi hukum yang berlaku,” ucap Sandrawali.

Holtom Kamtibmas yang dilalukan di Desa Taar selain Miras, ada juga hal-hal lain seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDR), penganiyaan dan lalu lintas.

Warga juga berharap agar pencerahan mengenai kamtibmas bukan cuman dilakukan sekali dalam setahun, tapi kalau bisa dilakukan 2 kali dalam setahun.

Publish by (Melky-JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *