Pembangunan Rumah Betang di Tumbang Samba Langsung Dihadiri Kapolsek Katingan Tengah

Kasongan – jurnalpolisi.id

Salah satu tokoh masyarakat kec.sanaman mantikei kab.katingan, cilik tunjung menjadi tokoh utama dalam pembangunan rumah betang di tumbang samba-batu badinding km.2, kab.katingan.

Pembangunan rumah betang itu dilaksanakan, Senin(7/6/22) skj.07:30 wib yang turut dihadiri oleh kabag Ops Katingan serta Kapolsek Katingan Tengah,Iptu Affan Efendi BatuBara,S.H.

Cilik yang menjadi tokoh utama dalam pembangunan rumah betang tersebut menuturkan bahwa dirinya membangun rumah Betang itu bertujuan agar adat serta budaya suku dayak tetap terlestarikan ditengah perkembangan zaman yang semakin meningkat.

“Rumah betang ini kami bangun untuk melestarikan adat istiadat dari leluhur kami, agar tidak hilang oleh kemajuan zaman”. Kata cilik saat ditemui di rumahnya, Jum’at (10/6/22).

Adapun rincian dari rumah Betang tersebut yaitu Panjang rumahnya 40 m, Lebar 16 m dan Tingginya 9 m. Sedangkan, biaya pembangunan rumah Betang tersebut mencapai kisaran Rp.2.000.000.000,- (Dua Milyard Rupiah) dan direncanakan akan rampung di bulan Desember 2022.

Saat dikonfirmasi perihal kehadirannya dalam acara pemasangan tiang pancang rumah betang tersebut, Kapolsek Katingan Tengah, Iptu Affan Efendi BatuBara.S,H menyampaikan bahwa dirinya ikut hadir untuk memastikan proses pemasangan tiang pancang rumah betang tersebut berjalan dengan aman.

“Saya ingin memastikan keamanan pemasangan tiang pancang rumah betang itu berjalan dengan aman dan kondusif”.kata Affan.

Dia menambahkan, kehadirannya adalah wujud bahwa Polri akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat sehingga Kamtibmas akan terus berjalan dengan baik “.pungkasnya.(RP_P86)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *