Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022, Ajak Warga Jadikan Sampah Sebagai Penghasil Uang

Polres Kebumen – jurnalpolisi.id

Kapolres Kebumen AKBP Burhaanuddin hadiri acara pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Kembar Terpadu, Desa Tambakmulya Kecamatan Puring, Kebumen.

Pelepasan tukik dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 adalah hasil budidaya warga masyarakatnya setempat sebagai aksi peduli kelestarian Penyu yang semakin mengkhawatirkan.

Sebelum pelepasan rombongan yang terdiri dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Komandan Kodim 0709/Kebumen yang di wakili oleh Kapten lnf Rudiyanto, Wakil Ketua DPRD Fuad Wahyudi, Sekda Kabupaten kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Bappeda Rianto, serta rombongan lainnya melakukan pelepasan benih ikan di Desa Sidoharjo Kecamatan Puring.

Lalu rombongan bergeser ke Pantai Kembar Terpadu melakukan senam bersama warga dan melakukan penanaman bibit pohon Cemara Laut, Ketapang Laut, dan Kelapa Genjah Entog.

“Kami Polres Kebumen siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Kebumen,” ungkap Kapolres Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

Bupati juga mencontohkan kepada masyarakat, jika saat berkunjung ke pantai namun belum tersedia fasilitas tempat sampah, sampah agar dibawa lalu dibuang saat menemukan tempat sampah.

“Kepedulian terkecil inilah merupakan bentuk kecintaan kita kepada alam dan lingkungan,” jelas Bupati.

Selanjutnya lanjut Arif, sampah harus dikelola dengan baik melalui Bank Sampah di tiap-tiap desa.

Hasil dari Bank Sampah yang dikumpulkan sdikit demi sedikit bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat setempat seperti untuk membayar pajak dan kegiatan sosial lainnya.

“Jadi sampah jangan dijadikan hal yang tidak berguna. Tapi jadikan sampah sebagai penghasil uang itu yang paling penting,” pungkasnya.

(Arif JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *