Bupati Banyumas Terima Anugerah Penghargaan Nirwasita Tantra

Banyumas –jurnalpolisi.id

Bupati Banyumas menerima Anugerah Penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Penghargaan diterima oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein di Jakarta, Rabu (20/7).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Ir Junaedi, MT mengatakan penghargaan Nirwasita Tantra dan Penganugerahan Kalpataru merupakan wujud penghargaan pemerintah pusat kepada para pemimpin daerah dan pejuang lingkungan yang telah menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia

“Ada 5 parameter isu yang dijadikan penilaian yaitu sampah, penurunan kualitas air, bencana, alih gungsi lahan dan kerusakan lahan,” katanya

Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 diserahkan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Tiap kategori diberikan kepada 3 kepala daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 pemerintahan terbaik.

“Penilaian Sanugerah Nirwasita Tantra dilakukan berdasarkan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah yang menyatakan kondisi permasalahan, kebijakan program yang diterapkan dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya,” tambah Junaedi.

Bupati Husein mengaku bersyukur atas penghargaan tersebut, karena program lingkungan hidup yang dirumuskan mendapat pengakuan dari pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, Kabupaten Banyumas bersama Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan ini untuk katagori kriteria kabupaten besar,” kata Husein. ( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *