Dukung Ketahanan Pangan, Wabup Sadewo Pimpin Gerakan Tanam Jagung

Banyumas – jurnalpolisi.id

Sebagai upaya untuk memanfaatkan lahan-lahan milik desa agar dapat menghasilkan bahan pangan guna mendukung program ketahanan pangan, Wakil Bupati Banyumas pimpin penanaman benih jagung pada lahan sawah seluas 5000 meter persegi di Desa Sambeng Kulon Kecamatan Kembaran, Senin (22/07/22). Gerakan tanam jagung ini merupakan program nasional lanjutan yang dicanangkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas bersinergi dengan unsur TNI, POLRI, serta para pelaku usaha, khususnya produsen benih.

Kepala Dinas Pertanian Jaka Budi Santoso menjelaskan alasan dipilihnya penanaman jagung dalam program katahanan pangan ini, karena dinilai tidak semua petani mampu atau mengerti bagaimana cara penanaman jagung yang baik, sehingga dengan adanya program ini, diharapkan petani bisa dan membiasakan dirinya untuk menanam jagung.

‘’Jelas akan ada pendampingan sehingga program kerjasama ini insya Allah akan berjalan dengan optimal pada sisi budidayanya,’’ ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Jaka Budi Santosa mengungkapkan harapan adanya peningkatan ekonomi yang terjadi di Banyumas, sehingga tidak hanya terjadi swasembada pangan, namun juga bisa melakukan export pangan dan kedepannya dengan hal tersebut akan memicu serta memotivasi adanya regenerasi petani.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono juga berharap program ini nantinya akan menjadi program yang berkelanjutan untuk mensejahterakan masyarakat dengan bersinergi dengan berbagai lapisan masyarakat.

‘’Mudah-mudahan diawali dari sini, nanti bisa dicontoh oleh kecamatan lain,’’ ucapnya.

Selain itu, Mayor Infantri Nurahmat sebagai Wakil Kepala Staf Kodim 0701 Banyumas juga menyampaikan kesediaannya untuk mendampingi jika nantinya terdapat kendala terkait penanaman.

‘’Kami siap mendampingi, kerena komandan juga memandatkan hal tersebut,” pungkasnya.

(Arif JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *