Mengapa Keliling Kampung, Ternyata Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Lakukan Ini

Papua, jurnalpolisi.id

Kerap dijumpai TNI berkeliling kampung singgah ke rumah-rumah warga, terlihat berkomunikasi dan berbicara dan warga yang dijumpai, baik dijalan maupun saat berada di rumah-rumah warga di wilayah perbatasan RI PNG di Papua.

Apa yang dilakukan oleh Prajurit TNI tersebut ternyata membawa keberkahan bagi masyarakat di Kampung wilayah perbatasan negara.

Rupanya, Prajurit TNI berasal dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Wambes yang berkeliling kampung ke rumah rumah warga sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap kesehatan warga yang tinggal di perbatasan RI-PNG dengan menggelar pengobatan keliling dengan mengunjungi langsung rumah-rumah warga di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (06/07/2022).

Saat dikonfirmasi di rumah warga, Danpos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Eka Yudha Siregar mengungkapkan bahwa Serda Linggo beserta 10 orang anggota dan anggota kesehatan Satgas Pos Wambes mengelilingi Rumah-rumah warga untuk melayani pengobatan dan mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan.

“Anggota kami menemukan berbagai macam keluhan penyakit yang dialami warga. Di antaranya demam, batuk, flu, sakit kepala, dan gatal-gatal pada kulit,” ujarnya.

”Program pengobatan keliling dengan mendatangi langsung rumah warga ini dilakukan karena daerah ini belum terjangkau fasilitas kesehatan. Selama ini, warga setempat harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapat layanan kesehatan,” imbuhnya.

Banyak wilayah yang sarana kesehatan seperti Puskesmas cukup jauh dari kampung sehingga warga jadi enggan memeriksa kesehatannya saat sakit. Oleh karenanya kehadiran prajurit TNI melalui pos terdekat membantu memberikan layanan kesehatan kepada warga.

Sementara itu Petrus (45) selaku tokoh masyarakat Kampung Wambes yang turut berobat dalam kegiatan tersebut mengapresiasi langkah yang dilakukan personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks. Dia mengaku warga sangat terbantu dengan kehadiran dan TNI dan program pengobatan keliling.

“Kami warga Kampung Wambes mengucapkan terima kasih atas kepedulian personel TNI Pos Wambes. Ini sangat membantu warga kami yang sakit dan butuh penanganan medis karena untuk berobat ke Puskesmas lokasinya jauh,” tutur Petrus.(Yonif 711/Rks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *