Personil Polsek Kutasari Pantau Vaksinasi Hewan Ternak di Desa Limbangan

Purbalingga – jurnalpolisi.id

Personil Polsek Kutasari memantau vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga. Vaksinasi dilaksanakan di Desa Limbangan, Kecamatan Kutasari, Kabupaten PurbaIingga, Selasa (26/7/2022).

Kapolsek Kutasari Iptu Tedy Subiyarsono mengatakan hari ini dilaksanakan vaksinasi PMK bagi ternak sapi di wilayah Desa Limbangan. Kegiatan merupakan vaksinasi tahap kedua yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga.

“Pada tahap kedua kali ini, total ada 160 sapi di Desa Limbangan yang mendapat vaksinasi PMK dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan pemantauan vaksinasi yang dilakukan Polsek Kutasari merupakan upaya Polri untuk mendukung pencegahan wabah PMK di wilayah Kecamatan Kutasari. Harapannya tidak ditemukan kasus PMK di wilayah Kecamatan Kutasari.

“Kami juga mengimbau para peternak untuk melapor apabila ditemukan adanya gejala PMK pada hewan ternaknya. Dengan demikian bisa cepat dilakukan penanganan,” ucapnya.

Salah satu dokter pelaksana vaksinasi ternak, drh. Edi Setyanta menyampaikan vaksinasi pada ternak sapi hanya dilakukan kepada sapi yang sehat. Tujuannya sapi sehat yang di vaksin akan membentuk kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terpapar PMK.

“Vaksinasi yang dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran PMK. Dengan vaksinasi yang sudah dilakukan harapannya semakin banyak hewan yang kebal terhadap PMK,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *