Pos Satkamling Desa Semondo Gombong, menjadi Perwakilan Lomba dari Polres Kebumen di Polda Jateng

Kebumen – jurnalpolsi.id

Setelah memenangkan lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tingkat Polres Kebumen, Pos Satkamling Desa Semondo, Kecamatan Gombong mengikuti lomba tingkat Polda Jateng, Kamis 21 Juli 2022.

Jika sebelumnya penilaian oleh Sat Binmas Polres Kebumen, pada lomba tingkat Polda juri langsung dari Dit Binmas.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat mendampingi juri melakukan penilaian ikut mengapresiasi, akhirnya Pos Satkamling Desa Semondo bisa mewakili Polres Kebumen di tingkat Polda Jateng.

“Kami berharap giat lomba Satkamling ini tidak hanya sekedar lomba saja namum juga dapat di aplikasikan dalam kegiatan sehari hari, dan menjadi contoh Pos Satkamling di desa-desa lain,” ungkap AKBP Burhanuddin saat membuka acara.

Lomba yang digelar setidaknya setahun sekali itu, warga Desa Semondo terlihat sangat antusias dan semangat melakukan peragaan ronda malam menciptakan Kamtibmas.

Lomba dimulai dari pengecekan piket ronda malam oleh kepala jaga, pengecekan perlengkapan ronda, hingga bagaimana jika menemukan pelaku kejahatan pencurian, kekerasan dalam rumah tangga, kecelakaan lalu-lintas, hingga bagaimana jika terjadi kebakaran di lingkungan masyarakat.

Petugas ronda juga harus cekatan melaporkan kejadian ke Polsek jika terjadi gangguan kamtibmas agar segera teratasi.

Point-point tersebut menjadi penilaian sendiri dari juri Dit Binmas Polda Jateng dalam perlombaan kali ini.

Diketahui bersama, keamanan bukan hanya tanggung jawab TNI ataupun Polri, namun juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat dan itu sudah diperagakan dengan baik oleh warga Desa Semondo dalam lomba Satkamling yang dulu pernah dinamai Lomba Pos Kamling. [Arif jpn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *