Pramuka Peduli Banyumas Evakuasi Mayat Dalam Sumur

Banyumas – jurnalpolisi.id

Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas bersama relawan lainya melaksanakan evakuasi mayat di dalam sumur di Desa Langgongsari RT 3 RW 5 Kecamatan Cilongok pada hari ini Jum’at (22/7/2022). Tim Pramuka Peduli meluncur ke lokasi setelah mendapat laporan adanya adanya korban meninggal dunia didalam sumur.

Sekretaris Bidang Abdimas Kwarcab Banyumas Heriana Ady Candra mengatakan pihaknya mendapat laporan bahwa ada korban meninggal dunia didalam sumur, dan meminta Personil Pramuka Peduli untuk mengevakuasi mayat di dalam sumur di Desa Langgongsari Kec. Cilongok.

“Dari permohonan tersebut ditindaklanjuti dengan pengiriman Tim Pramuka Peduli ke lokasi kejadian kemudian melakukan analisis kondisi sumur dengan lebar 1,5 meter memiliki kedalaman 20 meter dan kondisi mayat terlihat dari atas menggunakan senter,” katanya.

Bersama tim BPBD dan relawan lainya mendapat kesepakatan, Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana Ari Pringgo Aji yang ditunjuk untuk evakuasi turun kebawah untuk melakukan pengambilan mayat. Dengan disaksikan Kakaksa BPBD Kabupaten Banyumas Budi Nugroho, S.STP., M.Si sekaligus memimpin doa sebelum proses pengambilan mayat.

“Mula – mula Recuer turun, kemudian mayat diikat, setelah diikat, Recuer ditarik keluar terlebih dahulu. Terakhir mayat diangkat, proses berjalan dengan aman,” tambahnya.

Selanjutnya Jenazah diperiksa oleh INAFIS POLRESTA Banyumas dan Puskesmas I Cilongok.

“Tidak ditemukan tanda penganiayaan, mayat murni meninggal karena jatuh dari atas kedalam sumur sedalam 20 meter. Selanjutnya Jenazah diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan,” lanjutnya

Diketahui korban bernama Saniem usia 72 tahun yang beralamat di Desa Langgongsari Rt 3 Rw 5, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Menurut keterangan Kadus setempat, Saniem meninggalkan rumah sejak hari Selasa sore (19/7). Warga sekitar telah melakukan pencarian sejak hari Rabu, bahkan sempat ke Sumur tersebut, namun tidak ditemukan.

Hari Jumat (22/7) Sekitar pukul 11.00 WIB, Salah satu saksi warga yang bernama Sahirin yang melintas dekat sumur tersebut mencium bau yang kurang sedap dari dalam sumur, karena curiga ia melihat ke arah bawah, terlihat sesosok tubuh manusia. Sahirin kemudian menghubungi perangkat Desa Langgongsari, yang kemudian diteruskan ke Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Langgongsari.

Unsur terkait yang terlibat dalam proses evakuasi BASARNAS, BPBD Kabupaten Banyumas, Polresta Banyumas, INAFIS Polresta Banyumas, Polsek Cilongok, Babinsa Langgongsari, Babinkamtibmas Desa Langgongsari dan masyarakat setempat. ( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *