Waasops Panglima TNI Apresiasi Inovasi Kodam III/Slw, Dukung Berbagai Satgas Operasi

Cianjur – jurnalpolisi.id

Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyambut sekaligus mendampingi Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsekal Pertama TNI Kustono melakukan kunjungan kerja ke Mako Yon Armed-5/105 Trk/PG, Desa Palasari Kec. Cipanas Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Jum’at (15/7/2022).

Demikian disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Inf. Arie Tri Hedhianto di Mako II Dam III/Siliwangi Jl. Kalimantan No. 14 Kota Bandung Jawa Barat seusai mendampingi Pangdam III/Siliwangi memberikan pengarahan kepada peserta pembekalan pengetahuan Analisa dan Data digital, Jum’at (15/7/2022).

Lebih lanjut dikatakan Kapendam, kedatangan Waasops Panglima TNI ke wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi dalam rangka pemeriksaan kesiapan Operasi Satgas Yonarmed-5/105 Trk/PG Operasi Pamtas RI-Malaysia di Sektor Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara TA. 2022.

Dalam arahannya kepada 450 prajurit yang tergabung dalam Satgas, bertempat di Aula Panca Giri, Waasops menyampaikan beberapa hal yang harus dipahami oleh para Danpos diantaranya, mengetahui gambaran bagaimana kondisi wilayah masing-masing dan mengetahui tugas yaitu menjaga kedaulatan Negara. Selain itu Danpos juga harus memahami permasalahan yang dialami anggota.

“Tantangan tugas Danpos cukup berat, tidak menutup kemungkinan akan timbul kejenuhan yang dialami prajurit, jadi tolong Danpos pahami betul kondisi anggotanya, jangan dibiarkan anggota melanggar aturan, lakukan kegiatan yang positif, jangan sampai lengah, dan jangan dengar bisikan-bisikan dari anggota yang tidak jelas,” pungkasnya.

Kapendam menambahkan, kunjungan kerja Waasops Panglima TNI ke Mako Yon Armed- 5/105 Trk/PG selain mengadakan pengecekan personel dan materil utama yang akan dibawa ke daerah penugasan, Waasops juga mengecek hasil inovasi Kodam III/Slw yang akan dibawa Yon Armed-5/105 Tarik/PG ke daerah penugasan antara lain, pompa Hidram 20 buah, penjernih air 15 buah, penguat signal 15 set, dan 4 unit mobil inovasi Kodam III/Slw.

Dikatakannya juga, dalam kesempatan itu, Waasops menyaksikan langsung cara kerja pompa air Hidram yang diperagakan oleh prajurit Yonarmed-5/105 Tarik/PG. Pompa Hidram dapat menaikan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi tanpa mengunakan listrik karena memanfaatkan energi kinetik daya tekanan dari sumber air sehingga dapat digunakan di daerah-daerah yang belum terjangkau aliran listrik.

“Pompa Hidram dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di perbatasan yang mengalami kesulitan sumber air, dikarenakan kondisi geografis di daerah penugasan merupakan perbukitan dan hutan. Dengan kehadiran pompa Hidram nantinya, masyarakat tidak perlu susah mengangkut air dari sungai yang letaknya cukup jauh atau mengumpulkan air hujan,” tuturnya.

Selain menyaksikan pengoperasian pompa Hidram, sambung Kapendam, Waasops pun meninjau mesin pengolah air siap minum yang disebut “Filter Nusantara”, mesin ini mampu menghasilkan air sehat dari sistem filterisasi air dengan menggunakan berbagai media, mesin tersebut tidak hanya mampu menjernihkan air tetapi juga menghilangkan zat dan bakteri yang tidak dibutuhkan tubuh manusia sehingga air hasil olahan mesin ini bisa langsung dikonsumsi.

“Usai melakulan peninjauan inovasi yang akan dibawa ke daerah operasi, Waasops Panglima TNI menyampaikan apresiasi kepada Kodam III/Slw, atas karya inovasi terapan yang dikembangkan, sehingga mampu memberikan dukungan terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas, terutama dalam membantu kesulitan masyarakat akan ketersediaan air sehat untuk diminum maupun air untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *