BIJAK MENGGUNAKAN AIR AGAR TAGIHAN TIDAK MELONJAK

Bandung – jurnalpolisi.id

Pada masa wabah Pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia. Perumda Air Minum Tirta Raharja tetap berupaya untuk melakukan operasi produksi dan melakukan supply air untuk didistribusikan kepada masyarakat pelanggan, sehingga masyarakat dapat menggunakan  air yang aman & sehat karena telah memenuhi standar kualitas sesuai dengan  Permenkes Air Minum untuk konsumsi masyarakat dan pelanggan yang ada di wilayah kota Cimahi, kabupaten Bandung dan kabupaten Bandung Barat

Merujuk pada ketentuan PSBB Provinsi Jawa barat, bahwa masyarakat saat ini agar mematuhi peraturan pemerintah untuk tetap dirumah, untuk melaksanakan pembayaran rekening air, Perumda Air minum Tirta Raharja memfasilitasi beberapa cara pembayaran tagihan sebagai berikut; melalui e-commerce, tranfer transaksi via atm dan market place lain. 

Selanjutnya berkaitan dengan pelayanan, masyarakat pelanggan bisa menyampaikan keluhan menggunakan aplikasi wahtsapp & tidak perlu datang langsung ke kantor pelayanan. Petugas teknis kami senantiasa siap melayani untuk menangani keluhan pelanggan.

Sementara itu bekaitan dengan pemakaian air pelanggan pada masa pandemi ini, dihimbau agar secara bijak menggunakan air bersih untuk dapat dimanfaatkan mencuci tangan, dan membersihkan diri sesuai protokol kesehatan, mengingat bahwa air bersih Perumda Air Minum Tirta Raharja sudah mengandung desinfektaan sesuai yg dipersyaratkan. Gunakanlah secara bijak, dan wajar sesuai kebutuhan sehingga tagihan pembayaran  air  bulanan juga relatif wajar. 

Untuk mengantisipasi angka pemaikan air bulan berikutnya, kepada seluruh pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja dihimbau untuk dapat mengirimkan foto meter air & angka pemakaian airnya sebagai data dasar untuk tagihan air di bulan yang akan datang. 

Saat ini Petugas pembaca meter kami, tetap melakukan pembacaan ke rumah pelanggan, tetapi di kondisi pandemi covid-19 ini ada sebagian wilayah tertentu yg tidak bisa dijangkau untuk pembacaan meternya, segingga diharapkan pelanggan bisa membantu mengirimkan foto meter air & angka pemakaian airnya,’sekiranya pelanggan merasa tidak ada petugas yang datang, atau khusus untuk zona merah yg wilayahnya ditutup, kami akan menentukan pemakaian air bulan depan dengan menghitung pemakaian air secara rata-rata beberapa bulan ke belakang sebagai dasarnya. 

Tetapi, apabila dirasakan  terdapat ketidak sesuaian tagihan air dampak pembacaan mandiri ini, pelanggan bisa myampaikan hal dimaksud dengan mengirimkan data foto meter air terakhir untuk dijadikan  dasar  perhitungan tagihan air pelanggan.

Perlu dilakukan pemeriksaan atas data teknis, angka pemakaian wajar, kondisi meter air pelanggan, sehingga persoalan tagihan pemakaian air pelanggan tersebut bisa dibuktikan kebenarannya serta tidak ada pihak yg dirugikan. 

Tarif air Perumda TR tidak ada kenaikan, sementara itu jika tagihan atas pemakaian air pelanggan dirasakan tidak wajar, pelanggan bisa menyampaikan keberatan atas tagihan dimaksud, dan kami akan melakukan pemeriksaan lapangan untuk bisa sama-sama memeriksa atas persoalan pemakaian air dimaksud.

Sekiranya ada kesalahan dalam pencatatan, dapat dilakukan perbaikan sesuai angka yang sebenarnya. Sementara itu jika ada persoalan teknis atas sambungan langganan, kami akan segera melakukan perbaikan. 

Dihimbau, sekiranya akan melakukan permohonan keberatan atas tagihan, pelanggan dapat membawa foto terakhir angka meter di rumah pelanggan sehingga bisa langsung dilakukan penyesuaian pemakaian air sesuai pemakaian yang sebenarnya.*(Alben Manulang)

Sumber :Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan ibu sri hartati, S.Sos., M.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *