Pameran Suku Adat Istiadat dan Budaya Nias Dihadiri Beberapa Kalangan Wisatawan Peserta West Sumatera Yacht Rally 2022

Gunungsitoli – jurnalpolisi.id

Kegiatan Kunjungan Pariwisata ini merupakan kegiatan Pertamakalinya di Wilayah Kota Gunungsitoli, semenjak terjadinya Pandemi Covid 2019 lalu. Senin (04/04/2022).

West Sumatera Yacht Rally 2022 telah berlangsung pada 15 Maret 2022 hingga 10 Juni 2022, dengsn rute Melintasi 14 titik pemberhentian di Pulau Sumatera Barat, berangkat dari Sabang dan berakhir di Daerah Pulau Natuna. Dalam kegiatan ini diikuti oleh 15 yacht dengan peserta 26 orang perwakilan dari beberapa negara.

Dan khusus untuk di Kota Gunungsitoli ada 7 yacht di antarannya 18 orang peserta dari 8 negara. Yacht merupakan jenis perahu layar ringan kelas mewah, dengan penumpang maksimal 10 orang, dan biasanya dimiliki oleh orang-orang yang gemar berlayar lintas negara untuk berwisata serta berpetualangan dilautan.

Pada Kunjungan para wisatawan peserta West Sumatera Yacht Rally 2022 di Desa Tumöri disambut meriah dari warga desa adat setempat yang masih memegang teguh adat istiadat dan tradisinya, lengkap dengan keberadaan 10 rumah adat khas Nias wilayah Utara, Desa Tumori memiliki rumah adat terbanyak. Jika dibandingkan dengan desa-desa lain khususnya yang berada di wilayah Kota Gunungsitoli.

Para Wisatawan dan Tamu yang hadir dipandu berjalan menuju di area tempat acara (rumah adat nias) bersama dengan Sekretariat Lembaga Adat Desa Tumöri dan Sekretariat Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), dikawal oleh Fotuwusö (Kaum Pemuda) dengan memakai pakaian adat Nias sambil membawa Toho (tombak) dan Baluse (Perisai), sambil melantunkan syair-syair Bölihae , yaitu syair -syair penyemanga dalam perjalan dengan iringan alat musik Faritia (Gong Kecil).

Pada acara tersebut dihadiri oleh beberapa penjabat dari Kota Gunungsitoli antara lain :

– Wakil Walikota Gunungsitoli (Sowa’a Laoli,SE.M.Si),- Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Ir. Nur Kemala Gulö)- Sekdin. Pariwisata dan Kebudayaan (Gilbert Orawan Zebua,S.Pd.,M.M)- Kadis Lingkungan Hidup (Arianto Zega,SE.,MM),- Kadis Perhubungan (Meiman Kristian Harefa,S.Sos.,M.Sp),

– Kepala BKD(Eko Arianto Tello Zebua,S.Kom.,M.Si),- Asisten Dua Bidang Ekonomi Deslawati Zega,S.H.,M.Si),- Ibu Camat Gunungsitoli Barat (Fitelinamawati Hulu,S.E.,M.Si),- dan Istri Walikota Gunungsitoli (Ny. Sukartini Lakhömizaro Zebua).

Setibanya di lokasi acara. Peserta acara dan para tamu disambut hangat dengan Tari mengusung tempat Sirih (Famalega Bola Afo), disusul dengan Fangowai dan fame’e afo, serta sajian Tari Folaya Ba Gowasa.

Ditengah-tengah antraksi budaya tersebut Wakil Walikota Gunungsitoli (Sowa’a Laoli,S.E.,M.Si) menyampaikan kata sambutan yang mengapresiasi terawat/terjaganya rumah adat dan tradisi warisan para leluhur di Desa Tumöri, dalam hal ini yang menarik untuk dikembangkan sebagai antraksi wisata.

“Saya sangat gembira dan mengapresiasi kegiatan ini. Sehingga kehadiran para tamu-tamu kita yang terhormar dari bebagai mancanegara bahagia atas kedatangan mereka di Desa Tumöri ini. Dan menjadi salah satu penyemangat bagi pariwisatawan dunia untuk Pulau Nias khususnya wilayah Kota Gunungsitoli”. Ungkapnya.

Dalam hal ini Fitelinamawati Hulu,S.E.,M.Si (Ibu Camat Kota Gunungsitoli Barat) menyampaikan Harapannya untuk desa Tumori sebagai desa wisata rintisan yang telah ditetapkan melalui SK wali kota Gunungsitoli dan dua desa lainnya yaitu desa Lolomoyo Tuhemberua dan desa Gada.

“Agar dapat terus berkembang dan lebih dikenal oleh dunia luar menjadi desa tujuan wisata kedepan baik wisatawan dalam negeri maupun  mancanegara, dan kali ini dengan kedatangan para peserta West Sumatera Yacht Rally 2022, dunia luar sudah mulai mengenal Kota Gunungsitoli secara umum yg berada disebelah barat pulau Sumatera  yg sangat indah,” sebagaimana pernyataan salah seorang peserta Yacht Rally 2022 pada sambutan nya saat Galadinner di Taman Kota Ya’ahowu (Minggu, 03/04/2022 lalu).

Reporter   :  Rusman Jaya Zendrato

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *