Pegiat SBMI dan LIRA Banyuwangi Kawal Pemulangan Jenazah TKW Dari Malaysia

BANYUWANGI – jurnalpolisi.id

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) DPC Banyuwangi kerja bareng DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Banyuwangi Provinsi Jawa Timur serta pihak terkait bergerak cepat membantu menangani proses pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI), Nadjiyah Binti Nurahman, (59) yang meninggal dunia di Malaysia, Kamis 12/5/2022.

Dalam sepekan jasad Tenaga Kerja Indonesia (TKW) asal Desa Watu Kebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi yang meninggal dunia karena sakit Stroke iskemik di Hospital Selayang, Selangor ini, sudah bisa dipulangkan ke daerah asal.

Ketua SBMI DPC Kabupaten Banyuwangi, Agung Subastian melalui Koordinator Tim Advokasi SBMI Banyuwangi, Muhammad Koim mengatakan, ia menerima laporan dari pegiat BMI di Malaysia yang sedang mencari anggota keluarga BMI sakit asal Banyuwangi. “Kemudian kami hubungkan dengan Pemdes Watukebo dan akhirnya bisa tersambung dengan keluarga yaitu anak kandungnya,” terang Koim

Menurut Koim, ia bersama Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Banyuwangi mengetahui informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur
bergerak cepat kekediaman dalam memberikan dorongan semangat,  pelayanan kepada masyarakat terutama bagi PMI/TKI yang mendapat musibah di luar negeri, ini merupakan implementasi jargon memperjuangkan keselamatan, keadilan bagi buruh migran dan anggota keluarganya.

Bupati DPD LIRA Banyuwangi, Drs. Joko Utomo Purniawan, M.Pd, mengatakan informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur melalui Surat Bukti Pencatatan Kematian No: 00559/SBPM/O522/04, menyebut Pekerja Migran Indonesia seorang perempuan asal Banyuwangi meninggal dunia karena sakit di Malaysia. Pekerja Migran ini hilang kontak sejak 25 tahun, dan dikabarkan  meninggal dunia di Malaysia pada Senin, 9 Mei 2022 karena sakit. Saat ini jenazah akan dipulangkan ke tanah air.

“Surat Keterangan itu sebagai bukti pencatatan kematian Warga Negara Indonesia di wilayah akreditasi KBRI Kuala Lumpur. No. 233 Jalan Tun Razak, 50400 Kuala Lumpur, Malaysia, yang ditanda tangani A.n. Kepala Perwakilan RI, Bambang Wishnu Krisnamurthi, Counsellor” terang Joko.

Sebagai wadah Lumbung Informasi, LIRA merupakan salah satu LSM terbesar di indonesia dengan penghargaan MURI, paling banyak cabang provinsi dan kabupatean kota Se Indonesia, Bupati DPD LIRA Banyuwangi berkomitmen akan terus menginformasikan hal perting untuk ditindaklanjuti agar semua berjalan lancar, terlebih dari informasi terkaitTKW ini, pihak keluarga kurang mampu pembiayaan untuk memulangkan jenazah.

Dalam mengawal perjalanan jenazah TKI ke Banyuwangi, Joko menceritakan sesampai tiba di rumah duka bersama pegiat BMI Banyuwangi, Brigade Desa Yosomulyo disambut dan diterima oleh keluarga yaitu anak kandung dari mendiang Nadjiyah, bernama Subaidah.

Subaidah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada SBMI Banyuwangi, Brigade Desa Yosomulyo serta LIRA Banyuwangi.

‘Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada SBMI Banyuwangi, Brigade Desa Yosomulyo serta LIRA Banyuwangi yang telah membantu kepulangan jenazah ibu saya,” pungkas Subaidah

( Joko JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *