Waspada PMK, Polres Purbalingga Bersama Dinas Terkait Cek Kondisi Kesehatan Sapi di Peternakan

Purbalingga – jurnalpolisi.id

Polres Purbalingga bersama Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga melaksanakan pengecekan kondisi kesehatan hewan di sejumlah peternakan sapi wilayah Kabupaten Purbalingga. Salah satunya di Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja Kabupaten PurbaIingga, Kamis (12/5/2022).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh petugas dari Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta dan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, dilakukan pemeriksaan sampel terhadap sapi di peternakan Desa Karanggedang. Dilakukan pemeriksaan darah dan air liur sapi di kandang tersebut.

Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Totok Nuryanto mengatakan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK), kami bersama Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan. Salah satunya di Desa Karanggedang Kecamatan Bukateja.

“Kegiatan pengecekan dilakukan untuk antisipasi maupun mendeteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku ternak sapi di wilayah Kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Disampaikan bahwa dalam kegiatan dilakukan uji sampel pengambilan darah dan pemeriksaan liur sapi di peternakan Desa Karanggedang. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Balai Besar Veteriner Yogyakarta. Dilakukan juga pemberian multivitamin bagi sapi.

“Untuk pemeriksaan darah dan liur sapi yang telah dilakukan hari ini hasilnya menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium,” jelasnya.

Kabag Ops menambahkan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga akan terus melakukan monitoring peternakan sapi di wilayah Kabupaten Purbalingga. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya pengecekan terkait penyakit mulut dan kuku.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *