Untuk Menumbuhkan Generasi Cerdas di Dunia Pendidikan Melalui Pemanfaatan Air Hujan, Pusat Kegiatan Belajar

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Masyarakat (PKBM) yang beralamat di Dusun Susukan Kidul Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Banyuwangi, pada Senin (6/6/22) mendirikan sekolah air hujan bersinergi bersama Komunitas Banyu Bening (KBB) Jogjakarta.

Hal tersebut dilakukan menurut keterangan Sri Wahyuningsih, S.Ag selaku Founder Banyu Bening kepada wartawan menjelaskan, “Kita melakukan Sosialisasi ini agar selama ini mindset masyarakat kita tentang air, entah itu air permukaan maupun air dalam, dalam hal ini kita mau sadari atau tidak, ketika masyarakat hanya termindset untuk mengexploitasi air tanah, masyarakat belum punya kesadaran untuk mengembalikan apa yang diambil dari tanah ini, akhirnya yang terjadi apa?”.

“Yang terjadi adalah kita mulai divisit air tanah, nah pentingnya sosialisasi ini bagaimana masyarakat nanti bisa terbangun kesadarannya kalau ambil air satu galon ya harus bisa mengembalikan air satu galon, karena ini bagian dari tanggung jawab moral kita untuk menjaga bahwa apa yang kita punya ini harus sampai besok ke generasi berikutnya, ini penting saudara”.

“Maka untuk mengatasi krisis ini edukasi sangat penting baik melalui metode religi maupun secara umum yang pada prinsip bagaimana kita mengurai krisis ini melalui edukasi,” ujarnya.

“Dan untuk harapan kedepannya kita ingin ketika masyarakat mulai terbangun kesadarannya kita harus melakukan satu gerakan masyarakat akan menjadi gerakan bersama,” papar Sri Wahyuningsih.

Dalam kesempatan tersebut Direktur PKBM At Taubah Sunaryo SH, M.Pd menerangkan,”Sekolah air hujan Banyuwangi ini adalah bagian jaringan sekolah air hujan di nusantara, harapan kami dapat menumbuhkan kesadaran bersama akan pentingnya air, air hujan adalah virgin water yang murni dan murah jyga kaya manfaat, dengan alat sederhana akan bisa dimanfaatkan dengan nilai ekonomis yang luar biasa,” pungkasnya.

Sementara Dokter Bintari Wuryaningsih, SE dari Rumah Sakit Islam Fatimah Banyuwangi yang juga jadi salah satu peserta, sejak dikonfirmasi mengucapkan,

“Syukur Alhamdulillah dengan mengikuti sesi penjelasan dari narasumber tadi kita bisa tau manfaat air hujan bagi kehidupan kita sangat luar biasa. Air hujan diturunkan Allah banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kesehatan kita, kelestarian alam kita dan bumi kita semakin lestari. Manfaat untuk kesehatannya sungguh luar biasa air, hujan ini adalah investasi bagi anak cucu kita masa depan. Semakin banyak masyarakat mengetahui maanfaat air hujan, maka bisa menjadi masyarakat ramah lingkungan,” terangnya.

Agus Wahyudi dari peserta warga belajar juga mengatakan, “Sangat bermanfaat sekali bagi kita manfaaf air hujan yang sebenarnya, ini pelajaran yang baru bagi saya, kedepan nya kita harus bersyukur kepada tuhan telah memberikan air hujan yang penuh manfaat bagi kita,” pungkasnya.

(Boby JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *