82 Pemimpin Regu di Kwarran Kedungbanteng Digembleng Kepemimpinan

Banyumas – jurnalpolisi.id

Sebanyak 82 pramuka penggalang di Kwarran Kedungbanteng mengikuti Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru). Kegiatan dilaksanakan Kamis (28/07) di SD Negeri Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng. Dalam Dianpinru kali ini materi yang diberikan adalah menaksir tinggi, semaphore dan morse, pembalutan, serta LKBB tongkat.

Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kedungbanteng Wuryanto, M. Pd mengatakan, Dianpinru bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan bagi para pemimpin regu penggalang.

”Tujuan dari kegiatan Dianpinru ini untuk membekali materi kepramukaan kepada pimpinan regu, sehingga mereka mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih di banding anggota pramuka penggalang yang lain,” katanya.

Menurutnya, para pemimpin regu ini di bentuk agar menjadi bibit unggul penerus Gerakan Pramuka. Dianpinru juga bertujuan membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap.

”Regu itu adalah satuan terkecil dalam Gerakan Pramuka. Regu berisi 6-8 orang anak berusia 11-15 tahun. Meski merupakan satuan paling kecil, tetapi justru regu inilah yang jadi pondasi penting pembentukan karakter anggota Pramuka,” ungkapnya.

Sebelum mengelola organisasi yang lebih besar, terlebih dahulu seorang anggota Pramuka di gembleng untuk cakap mengelola regunya. Karena itu. Gladian Pimpinan Regu ini adalah acara yang strategis bagi Kwartir Ranting Kedungbanteng.

Peserta Dianpinru berjumlah 82 peserta. Terdiri dari 41 Pinru putra dan 41 Pinru putri yang berasal dari SMP dan MTs di wilayah Kwarran Kedungbanteng.

”Usai pelatihan kepemimpinan ini, di harapkan para pemimpin regu dapat menularkan pengetahuan dan keterampilan yang di peroleh dalam kegiatan di pangkalannya,” pungkas Wuryanto

(Arif JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *