SMA.N 24 BANDUNG Melaksanakan Pemotongan Hewan Qurban

Bandung – jurnalpolisi.id

Penyembelihan dan pembagian daging hewan qurban Hari raya Idul Adha 2022 tidak hanya dilakukan setelah sholat Idul Adha pada hari minggu (10/07) namun dibeberapa lembaga pendidikan dikota Bandung melakukan Pemotongan dan pembagian hewan qurban pada hari senin (11/07), Diantaranya SMA Negeri 24 Bandung yang berlokasi dijalan A.H Nasution No.27 Kota Bandung
kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan pasca Covid-19, penyembelihan hewan kurban dalam Hari Raya Idul Adha 2022 M / 1443 H. Perayaan Idul Qurban tahun sangat berbeda dimana semua peserta didik dikerahkan untuk ikut serta dalam pemotongan hewan qurban. Kegiatan dilaksanakan di Halaman SMA Negeri 24 Bandung.

Kegiatan qurban yang bertema “Melalui Kegiatan Pembelajaran Hewan qurban semoga dapat meneguhkan lolalitas kepatuhan kepada Allah SWT dan menumbuhkembangkan sikap kepedulian sosial.”

Jumlah hewan qurban pada tahun ini ada2 ekor sapi dan 1 ekor Kambing dan ketiga hewan qurban tersebut disembelih dihalaman depan sekolah.

Di kegiatan qurban ini ada salah satu seorang siswa yang berpartisipasi atau penyumbang terbesar diantara siswa yang lain, siswa tersebut bernama Revalina Salsabilasari Hudaya kelas 12 IPS 2. Revalina mengatakan, “Saya menyumbang qurban atas sukarela dan mengaku sangat senang karena bisa ikut serta menyumbang dan berpartisipasi dalam kegiatan bersama teman-teman.”

Kegiatan ini diawali dengan pemotongan hewan qurban yang disaksikan langsung oleh beberapa peserta didik yang mewakili tiap kelas, guru dan perwakilan Komite.

Berikutnya dilakukan penyortiran daging dan mengemasnya kedalam kantong plastik oleh para siswa secara bersama-sama. Daging yang sudah siap kemudian dibagikan kepada guru, siswa dan orang yang berada dilingkungan sekolah.

Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan ada diantara peserta didik perwakilan kelas yang berjibaku untuk membantu mulai dari awal penyembelihan sampai pembagian.

Dr. H. Andang Segara, M.M.Pd, selaku kepala sekolah SMA Negeri 24 Bandung, menyambut secara terbuka untuk melaksanakan kegiatan ini. Beliau juga menuturkan rasa syukur “Mudah-mudahan kegiatan penyembelihan hewan qurban ini menjadi edukasi bagi peserta didik dan simbol bagi kita dalam rangka membangun keikhlasan kita untuk beribadah dan menjadikan ladang amal,” ujarnya.

Seluruh hewan qurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa yang telah membantu sehingga terlaksananya kegiatan Penyembelihan sampai membagikan paket daging qurban. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT,”. Ujar Yusuf Mulyadi, S.Pd. waka Bidang Kesiswaan SMA Negeri 24 Kota Bandung

“Berqurban selalu memberi kesan mendalam bagi pequrban atau penerimanya. Apalagi dalam masa yang belum baik-baik saja, kita masih mampu meringankan beban sesama. tiada lain, kecuali untuk mendekat diri dan melaksanakan salah satu Perintah Allah SWT dan Ungkap Sholahudin Sanusi, SnAg, M.Pd.I, selaku guru PAIBP di SMAN 24 Bandung

“Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada Umat Muslim bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Pengorbanan juga salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.” Tambahnya. (ICKY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *