Wujudkan Ketahanan Pangan, Agung Purn Kasat Tanam Pinang Tumpang Sari

TEBO, jurnalpolisi.id

Menanam Pinang Betara pola Tumpang sari bersama pengalaman Purnawirawan (Purn) AKP Agung Purwanto Pensiunan Kasat Binmas Polres Tebo. Usai Purna Bhakti dan kembali ketengah masyarakat Agung Purwanto masih terus berkarya menjadi petani kebun di tempat tinggalnya, jalan Bali RT 01/01 Desa Giri Purno Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Memang tidak terbilang luas kebun milik Agung Purwanto dan hanya luas tidak kurang dari satu hektar, di area kebun ini ditanami Pinang jenis Betara yang sudah berumur dua tahun, juga tanaman tumpang sari disela – sela Tanaman Pinang yaitu ditanam pohon Kopi jenis Robusta serta sedang di tanam Lada Merica maupun tanaman Sayuran seperti Cabai dan lainnya.

Agung Purwanto dikonfirnasi media ini menyebutkan, dirinya budidaya tanaman Pinang jenis Betara dengan Pola Tumpang Sari, disela – sela Pohon Pinang ditanami Pohon Kopi Robusta dan juga ditanami Lada Merica maupun Sayuran seperti Cabai dan lainnya.

” Pinang jenis Betara adalah Pinang unggul pertama Indonesia yang berasal dari Jambi, buah Pinang Betara berukuran lebih besar produktifitasnya pun lebih tinggi dibandingkan Pinang biasa. Saya menanam Pinang Betara ini dengan pola tanam jarak 3 x 2 meter.
” Terang Agung Purwanto, pada Jumat (22/07/2022).

Upaya untuk mewujudkan Ketahanan Pangan ditengah – tengah masyarakat, lanjut Agung Purwanto, ia mengajak dan menghimbau kepada masyarakat, untuk memanfaatkan dan mengolah lahan tidur atau lahan kosong guna ditanami tanaman Palawija atau tanaman produktif lainnya.

” Saat ini pemerintah gencar – gencarnya mengkampanyekan Ketahanan pangan, tentunya sebagai warga masyarakat di pedesaan harus mendukungnya, yaitu dengan mengiplementasikan pemanfaatan lahan tidur untuk diolah menjadi lahan yang menghasilkan nilai tambah ekomomi keluarga. ” Tutur Agung Purwanto. (mides)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *