Peduli Sesama, Babinsa Koramil 1605-09/Rinhat Bantu ODGJ Di Wilayah Binaan

Malaka, jurnalpolisi.id

Babinsa Koramil 1605-09/Rinhat Serda Henry Rumamelete melaksanakan pemberian obat kepada warga yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ) atas nama mama Blasius Bere warga Dusun Weoe B, Rt.003/002 Desa Weoe Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka Provinsi NTT Rabu, (14/12/2022).

Serda Henry mengatakan bahwa Program berkunjung kerumah pasien ODGJ merupakan realisasi program NTT Bebas Pasung yang dilaksanakan oleh Korem 161/WS, guna memberikan perhatian kepada para pasien ODGJ agar memperoleh pengobatan dan pelayanan kesehatan yang layak.
selain memberikan layanan kesehatan, program ini juga bertujuan untuk memantau keadaan kondisi pasien ODGJ.

Pogram ini dilakukan secara rutin, agar pasien ODGJ tetap mendapatkan perhatian dari keluarga dan warga, sehingga mereka tidak mendapatkan perlakuan yang kurang baik dilingkungan sekitar dan juga pihak keluarga tidak usah malu dan menutupi apabila terjadi sesuatu dan segera melaporkan kepada petugas yang bertanggung jawab, Pungkasnya

Suasana tampak sangat mengharukan saat sang Babinsa yang dengan sabar menemaninya memberikan obat dalam gubuk sambil bincang hangat tentang isi yang ada dalam gelas tersebut.

Nasehat serta pertanyaan sesekali disampaikan oleh Babinsa yang biasa disapa dengan panggilan Pak Henry tersebut, meskipun terkadang jawaban dari Blasius Bere ngelantur namun Henry dengan sabar mendengarkannya.

Ditempat terpisah Danramil 1605-09/Rinhat, Kapten Inf I Kadek Sukrawan, mengatakan Penyuluhan dan Pemberian obat bagi penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) harus dilakukan dengan benar.

Lanjutnya gangguan jiwa sampai saat ini masih identik dengan “gila”. Namun tidak semua gangguan jiwa seperti itu. Gejala gangguan jiwa lainnya dapat terlewatkan oleh orang awam sehingga mereka tidak sadar bila seseorang mengalami gangguan jiwa.

Blasius Bere sendiri kondisinya saat ini sudah membaik dan perlu perhatian dan perawatan yang rutin saja,” Pungkasnya

Roy Saba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *