Satu Hari Jelang Bakar Tongkang, Lebih Kurang 2000 Orang Yang Datang

BAGANSIAPIAPI, jurnalpolisi.id

Satu hari jelang pelaksanaan acara ritual budaya bakar tongkang, Panitia bakar tongkang menyatakan sudah fit. Sekdakab Rohil Fauzi Efrizal menyatakan dirinya telah cross cek melihat lokasi tempat pembakaran tongkang. Demikian hal ini disampaikan oleh sekdakab Rohil H.Fauzi Efrizal kepada jurnalis di mess Pemda Gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Isnen (03/07/2023).

“Tadi pagi kita sudah lihat tempat pembakaran tongkang dan tempat replika tongkang. Bersama pihak Polda Riau dan Kapolres dan pihak pihak terkait agar prosesi bakar tongkang berjalan dengan lancar,”kata sekda.

Diakui Sekdakab Rohil memang iven ini merupakan ritual budaya bagi masyarakat Tionghoa. Namun bukan ingin ikut campur terhadap ritual mereka. Namun pemerintah daerah mengambil momen ini. Karena bakar tongkang ini banyak masyarakat daerah lain yang datang ke Bagansiapiapi ini. Dengan adanya acara ini perekonomian masyarakat meningkat, khususnya penjual makanan dan tukang Beca.

“Mata pencaharian tukang becak meningkat. Semalam saya berkomunikasi dengan mereka dalam satu hari itu ada yang menghasilkan 500 ribu hingga 5 juta sehari. Sementara sebelumnya pada hari hari biasa hanya memperoleh 100 ribu hingga 200 ribu perhari,”ujarnya.

Kata dia, dengan acara Bakar tongkang ini semua hotel di Bagansiapiapi sudah penuh terisi. Kemudian itu transportasi yang beraktifitas di tengah kota Bagansiapiapi hanyalah tukang Beca dan ojek.

Ditambahkannya, untuk pengamanan dibantu dari Polda sebanyak lebih kurang 400 personil juga polres, kodim dan satpol PP.

“Agenda besok yang hadir dan kita sambut adalah gubernur, Waka Polda dan Danrem 031/ WB yang datang melalui helikopter dan mendarat di taman budaya Bagansiapiapi,”katanya.

Selanjutnya rombongan akan makan siang bersama raja baut Sugianto yang menyambut rombongan dari pusat, provinsi dan kabupaten.

“Pelepasan tongkang lebih kurang dimulai pukul 14.00 wib yang diarak berjalan kaki menuju lokasi tempat pembakaran . Sebetulnya Sandiaga Uno akan hadir tetapi berkenaan jadwal bersamaan beliau bersama presiden pergi ke Papua. Sehingga beliau memutuskan staf khusus atau staf ahli yang datang ke Rohil. Jelasnya Gubernur, wakapolda dan Danrem besok hadir di Rohil,”ucapnya.

Besok Gubri take off jam 10.00 wib pagi yang diperkirakan sampai Bagansiapiapi jam 11.30 wib. Kemudian rombongan istirahat dan lanjut ke IP Plaza yang disambut oleh raja baut Sugianto untuk makan siang. Setelah itu dilanjutkan pelepasan tongkang dari kelenteng Ing Hock king Jalan Kelenteng.

“Moment bakar tongkang ini sudah masuk pada iven nasional. Ini adalah moment dibuka kembali yang sifatnya perdana bakar tongkang kapasitas besar setelah tiga tahun tidak boleh keramaian. Karena selama tiga tahun yang hanya boleh bakar gongkang kapasitas kecil warga lokal saja, karena masa covid 19,”tuturnya.

Saat Bakar Tongkang Ini ada juga wisatawan dari manca negara dari Tiongkok, Cina, Singapur dan Malaysia yang hadir di kota Bagansiapiapi. Oleh sebab itu, saat ini hotel full, termasuk rumah yang disewakan oleh masyarakat.

“Kedepan akan kita buat lagi yang ada kesannya bagi wisatawan yang balik dari Bagansiapiapi dengn membawa oleh oleh. Apakah berupa cendera mata, souvenir atau makanan. Jelasnya kacang pukul. Jadi kedepan akan kita tata lagi sehingga masyarakat luar tahu. Karena iven yang terbesar menghadirkan orang banyak di Riau itu adalah pacu jalur dan kemudian bakar tongkang. Bakar tongkang ini walaupun wisatawan yang datang itu dahulunya warga Rohil yang sudah pindah ke luar negeri, namun pada momen ini mereka balik lagi ke Bagansiapiapi. Ini kita hitung sebagai turis manca negara walaupun sebelumnya mereka adalah warga lahir di Bagansiapiapi. Ini menghasilkan visa yang tinggi jika satu orang saja satu juta jika 200 orang sudah berapa. Jumlah yang datang hingga hari ini sudah hampir 2000 orang lebih. Kalau wisatawannya lebih kurang ada 100 orang dari Tiongkok, Cina, Singapur dan Malaysia. Ada juga dari Medan, Jakarta, Pekanbaru dan Batam,”ujarnya mengakhirinya.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *