Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Aru), Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI Angkatan Laut, TNI/POLRI Giat Kali Bersih

Kepulauan Aru – jurnalpolisi.id

Melaksanakan Kegiatan Program Kali Bersih di Muara Sungai Kompleks Sipur Pantai RT/RW.006/004 Jl. Rabiajala, Kelurahan Siwalima, Kabupaten kepulauan Aru. Selasa (05/09/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Hariadi, S.E. , M.Tr. Opsla ini, diikuti Ratusan Personel TNI/Polri, baik Militer, PNS, Pekerja Harian Lepas Lanal, Siswa Saka Bahari Lanal Aru sekaligus melibatkan masyarakat sekitar untuk turut melaksanakan pembersihan sungai.

Menurut Danlanal Aru, kegiatan Program kali Bersih ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-78 TNI AL tahun 2023 yang mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Terkait kebersihan sungai melalui Program Kali Bersih ini lanjutnya, menjadi salah satu kegiatan Pangkalan TNI AL Aru dalam membantu pelestarian dan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan untuk pelestarian fungsi sungai.

“Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai dan memberlakukan sungai sebagaimana mestinya,”

Untuk itu, lanjut Danlanal Aru, pihaknya akan terus mengajak dan berkoordinasi dengan semua pihak, tidak hanya dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten Kota dan Provinsi.

“Kami juga berharap warga sekitar sungai Kelompok Peduli Lingkungan Kecamatan, dan Komunitas lainnya juga ikut aktif menjaga kebersihan sungai,”

Program Kali Bersih tambahnya, selain sebagai bakti sosial perwujudan pengabdian Lanal Aru kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan utamanya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Program Kali Bersih yang dimulai setelah apel pagi pada pukul 08.30 sampai dengan pukul 10.00 WIT ini, menyasar pembersihan sampah dan rumput liar yang ada di bantaran sungai di wilayah Sipur pantai Kabupaten Kepulauan Aru dan pembersihan sampah yang mengapung di sungai.

Berkat kekompakan Prajurit Prajurit Lanal/Polri dan warga setempat, area sejauh satu kilometer yang merupakan muara sungai di laut dalam waktu dua jam telah nampak bersih dari sampah.

Usai laksanakan pembersihan dilanjutkan Video Conference Program kalo bersih Nasional dalam rangka HUT TNI AL ke-78 tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan Program kali bersih tersebut Pasintel Lanal Aru, Kapten Laut (P) Indra Gunawan, Dankal P.Trangan III-9-06, Kapten Laut (P) Edy Dwi Widada, Pjs. Paspotmar Letda Laut (T) Agus Sub’chan, Kasatfaslan Lanal Aru, Letda Laut (T) Juniarso, Dansatma Lanal Aru, Letda Laut (P) Edy Susanto, Danpos TNI AU Dobo, Lanud KS. Tubun, Koopsau III Letda Adm Faizal Fadli, Danton III Yonif 734/SNS Letda Fadli, Ps. Danton IV Bripka Brimob II Yon C Pelopor Dobo, Kadis BPLH Bpk Ir. J. Gutanjala, Camat PP Aru diwakili oleh Sekcam Ibu Leonara. A. Tiwery, Lurah Diwalima Bpk Amram Buyanan S. I. p, Babinsa Koramil 1503-03/Dobo Serma Ganda, Babinsa Kel. Siwalima Sertu S. Tabaka, Ketua RT 006/04 Bpk Wellem Karatem, Petugas Kebersihan UPTD KPP Dobo, Siswa-siswi Sakabahri Lanal Aru, Seluruh Masyarakat RT 006/04, Seluruh Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Aru, Prajurit Yonif 734/SNS, Prajurit Koramil 1503-03/Dobo.

STAF 01 PANGKALAN TNI AL ARU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *