Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat mengadakan Upacara dan Berbagai Nominasi untuk Guru

Pesisir Barat – jurnapolisi.id

Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat mengadakan upacara, do’a bersama, dan penyerahan penghargaan bagi guru terdisiplin, teladan, terajin, dan terfavorit pada Sabtu (25/11/2023).

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria.M.Pd selaku menyampaikan ucapan selamat HGN kepada seluruh guru, khususnya guru yang mengajar di SMAN 1 Pesisir Delatan.

“Terima kasih kepada seluruh dewan guru yang sudah berusaha menjadikan anak didik, khususnya bagi guru-guru SMAN 1 Pesisir Selatan yang berprestasi,” ujar Rodi. Rodi juga juga meminta maaf tidak bisa membalas segala kebaikan dewan guru semua.

Dalam memperingati HGN ini juga SMAN 1 Pesisir Selatan mengadakan syukuran dan do’a bersama yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Rodi Satria sebagai kepala sekolah.

“Kita juga memberikan penghargaan terhadap guru terdisiplin, guru teladan, guru terajin, dan guru terfavorit,” ungkap Rodi. Rodi berharap ini akan menjadi motivasi bagi dewan guru yang lain.

Sejarah Hari Guru Nasional
Sejarah Hari Guru Nasional adalah berdasarkan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Sebelumnya pada 1912, PGRI bernama PGHB atau Persatuan Guru Hindia Belanda. Anggotanya berisikan kepala sekolah, guru desa, guru bantu, hingga perangkat sekolah lainnya.

Kemudian pada 1932, PGHB mengubah namanya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun pada masa penjajahan Jepang, aktivitas PGI dilarang.
Setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama pada 24-25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah.

Salah satu hasil dari kongres tersebut adalah menghapuskan perbedaan suku, ras, agama, politik, dan lainnya. Selanjutnya, melalui Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994 ditetapkan bahwa tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

(Zulfikar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *