Dandim 1426 Takalar Jadi Irup, Pada Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Dg. RomoDan H Pajonga Dg Ngalle

Takalar – jurnalpolisi.id

Dalam rangka peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Dg. Romo dan Wafatnya Pahlawan Nasional H. Padjonga Dg. Ngalle, bertindak selaku Irup Letkol Kav Nanang Sujatmiko, M.Han (Dandim 1426/Takalar),Perwira Upacara Kapten Inf Ashar Danramil 1426-01/Polombangkeng Utara Komandan Upacara Lettu Inf Syarifuddin (Danramil 1426-03/Galut) di Lapangan Pemda Takalar Kel. Kalabbirang Kec. Pattallassang Kab Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan Rabu 28/2/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Takalar dan selalu perangkap Daerah Kabupaten Takalar.

Dalam amanatnya Irup mengatakan bahwa Ranggong Dg. Romo dan H. Padjonga Dg Ngalle adalah sebagai patriot, menegakkan dan membela kemerdekaan bangsa Indonesia. Dua tokoh ini adalah nasionalis sejati yang tidak diragukan lagi kecintaannya kepada NKRI. Lewat perjuangan dan diplomasinya, mereka berdua seakan berkata bahwa inilah putra daerah yang nasionalis tulen.

“Ini menunjukkan bahwa sejak dulu orang Takalar memang adalah pencinta tanah air Indonesia, pembela NKRI. Karena kedua tokoh inilah membuktikan bahwa orang Takalar bukan penghianat bangsa, bukan pengecut dan bukan pecundang. Dua tokoh ini telah mewakafkan seluruh pikiran, tenaga, waktu bahkan jiwa dan raganya untuk tegaknya Indonesia merdeka, “ungkap Dandim.

Tanggungjawab kita sekarang adalah melestarikan semangat nasionalisme ini kepada diri kita, kepada generasi masa depan sebagai pelanjut eksistensi bangsa. Bukan hanya jiwa nasionalisme, tapi juga jiwa sosial, telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong Dg Romo yang kita kenal sangat konsisten dalam memperjuangkan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik.

Pengorbanan yang dilakukan Ranggong Daeng Romo nyatanya tak sia-sia. Bersama Lapris (Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi) yang merupakan gabungan sejumlah organisasi perjuangan se-Sulawesi Selatan, Daeng Romo berhasil mewujudkan perbaikan bagi lingkungan dan masyarakatnya. Demikian juga dengan Padjonga Dg Ngalle. Putra kelahiran Polombangkeng tahun 1901 ini dikenal sebagai pejuang yang cerdas dan pemberani, Pendim 1426.

(StHajrah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *