Bupati Agus Istiqlal Membuka Tradisi Ngawol Mincak di Pekon Penengahan

Pesisir Barat Lampung – jurnalpolisi.id
Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri sekaligus membuka secara langsung acara Ngawol Mincak yang ditandai dengan pemukulan gong, di Pekon Penengahan Kecamatan Karya Penggawa, Sabtu (13/4/2024).

Selain Bupati Pesibar hadir juga dalam kegiatan tersebut, Pj. Sekda Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Dewan Kesenian Pesibar, Septi Istiqlal, Ketua DWP Pesibar,.L. Liastuti, S.Pd., M.M., Wakil Ketua II DPRD Pesisir Barat, Ali Yudiem, S.H, anggota DPRD Pesibar, Yeti Herlina, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Pesibar, Camat Karya Penggawa, Sudibyo, S.E., Sai Batin Marga Penengahan, Soroji Hakim, S.Sos, Peratin Pekon Penengahan, Miftah Farid, S.Kom., dan masyarakat setempat.

Bupati Agus Istiqlal mengawali sambutannya dengan ucapan Minal Aidin Walfaidzin Mohon maaf lahir dan batin. “Atasnama Pemkab Pesibar dan pribadi menghaturkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang ada di Pekon Penengahan Kecamatan Karya Penggawa dan Pesibar. Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin,” tutur Bupati Agus Istiqlal.

Bupati Agus Istiqlal menerangkan, kegiatan Ngawol Mincak merupakan tradisi turun temurun warisan dari nenek moyang di Pesibar. Artinya, menjadi kewajiban dan tanggungjawab bersama sebagai generasi penerus untuk tetap menjaga serta melestarikannya sampai ke anak cucu. “Sebagai masyarakat dan generasi penerus, kita wajib untuk merawat berbagai tradisi dan budaya kita dengan tetap melestarikannya hingga ke garis keturunan kita selanjutnya,” tegas Bupati Agus Istiqlal.

Terlebih, lanjut Bupati Agus Istiqlal, Pesibar yang dikenal sebagai buminya para Sai Batin dan Ulama, memiliki cukup banyak keberagaman tradisi dan budaya dimasing-masing wilayah yang hingga kini masih terawat dengan baik. “Pemkab Pesibar sangat mengapresiasi atas komitmen masyarakat dari berbagai kalangan yang selalu berperan aktif menjaga dan melestarikan berbagai tradisi dan budaya yang ada di Pesibar,” tandas Bupati Agus Istiqlal.

“Hal itu sangat terlihat dalam momen Hari Raya Idul Fitri, dimana masyarakat sibuk melangsungkan berbagai kegiatan tradisi dan budaya yang sekaligus hal itu menjadi pemandangan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi Pesibar dimata masyarakat dari daerah lain yang berkunjung ke Pesibar sebagai kota tujuan wisata,” tukas Bupati Agus Istiqlal. (Zulfikar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *