Kunjungan Pj Bupati Cilacap Dukung Pelestarian Domba Garut dan Seni Ketangkasan.

Cilacap- jurnalpolisi.id

Seni Ketangkasan Domba Garut lebih dari tradisi yang berlangsung turun-temurun. Dalam kontestasi ini ada upaya pelestarian budaya dan meningkatkan ekonomi rakyat.

Acara seni ketangkasan domba garut digelar bertempatan lapangan Desa Cinyawang Kecamatan Petimuan Kabupaten Cilacap, yang dihimpun oleh Peternak Kambing domba Indonesia, Minggu 21 April 2024.

”Sorak komentator. Di saat yang sama bobotoh (suporter domba adu) saling menyemangati domba-domba yang akan bertanding di tengah lapangan. Semakin jauh ancang-ancang kedua domba itu. Lengkingan peluit dari wasit menandai kontestasi Seni Ketangkasan Domba Garut (SKDG), diikuti musik gamelan dan gemuruh penonton.

Seni Ketangkasan Domba Garut ini, sebagai upaya untuk melestarikan domba Garut dan seni ketangkasannya, terkenal dengan banyak hal, salah satunya adalah domba Garut. Nah tentu domba Garut yang terkenal itu harus kita lestarikan, baik itu ketangkasannya, dan juga keindahan dari domba-domba yang kita miliki,” ucapnya.

Berkaitan dengan pergelaran kesenian tangkas domba ini, Pajar selaku panitia menyebutnya sebagai suatu wadah silaturahmi antara pemilik peternak, tokoh masyarakat, penggemar, dan organisasi profesi yang dihimpun.

“Mudah-mudahan juga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah dan meningkatkan, menumbuhkan ekonomi di tingkat kabupaten Cilacap sekitar, “ucapnya.

Di ikuti oleh kurang lebih dari 200 kambing domba dari berbagai kelas, acara ini tidak hanya menjadi wadah silaturahmi antara pemilik peternak, tokoh masyarakat, dan penggemar, tetapi juga menjadi dorongan untuk meningkatkan minat dan bakat pecinta domba serta potensi pariwisata dan ekonomi di sekitar Kabupaten Cilacap, khususnya di Kecamatan Petimuan.
(Syaifulloh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *