Pastikan Keselamatan Penumpang Kapal Saat Perjalanan Mudik Lintasi Selat Bali, Ini yang Dilakukan Satpolairud Polresta Banyuwangi

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Dalam rangka memastikan keamanan dan keselamatan pemudik, Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polresta Banyuwangi melakukan pengecekan sarana keselamatan penumpang di atas kapal.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Senin (8/4/2024) di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Surya Ayla di Pelabuhan PT ASDP Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, saat melintas di Selat Bali.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Kasat Polairud) Polresta Banyuwangi, AKP I Nyoman Ardita menyatakan, pengecekan sarana keselamatan penumpang seperti pelampung (life jacket) dan perlengkapan keselamatan lainnya dilakukan untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan alat pertolongan.

“Setiap kali kapal sandar, kami selalu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi alat keselamatan kapal. Kami hanya ingin memastikan bahwa alat-alat tersebut tersedia dengan baik, seperti pelampung yang ada di dalam kapal dan juga perlengkapan seperti lifebuoy serta kapasitas penumpang dan kendaraan roda dua,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa hasil pengecekan juga dilakukan pada kapal seluruh KMP yang disediakan di PT ASDP Ketapang – Gilimanuk.

“Dari hasil pengecekan, kami menemukan 300 pelampung dewasa dan 40 pelampung anak. Jumlah ini masih memadai jika dibandingkan dengan kapasitas maksimum penumpang kapal yang hanya mencapai 250 orang. Jadi, ketersediaan pelampung masih cukup untuk semua penumpang,” ungkapnya.

AKP I Nyoman Ardita juga mengimbau kepada penumpang KMP Surya Alya agar tetap disiplin selama berada di kapal, mengikuti petunjuk dari kru kapal, dan tidak bersandar di railing kapal.

“Kami memberikan himbauan kepada penumpang agar tetap menjaga disiplin di kapal guna menjaga keamanan selama perjalanan. Menjaga barang bawaan juga merupakan hal yang sangat penting,” tambahnya.
Sumber : Krida Herbayu
Pewarta : Boby & Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *