Polres Tanggamus Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional, Beri Penghargaan 4 Personelnya

Tanggamus– jurnalpolisi.id

Polres Tanggamus menggelar upacara hari kesadaran nasional di Lapangan Mapolres setempat, bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si, Rabu 17 April 2024.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Tanggamus Kompol Agung Ferdika, S.H., M.H., para pejabat utama Polres, para perwira, gabungan anggota dan ASN Polres Tanggamus.

Dalam rangkaian kegiatan itu dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pengucapan Tribrata dan Catur Prasetya oleh anggota Polri serta pengucspan Panca Prasetya Korpri oleh ASN Polri.

Tampak suasana menarik, ketika 4 personel Polri diberikan piagam penghargaan atas dedikasinya berhasil menggagalkan percobaan bunuh diri seorang ibu rumah tangga yang membawa tiga putranya di Dermaga 2 Kota Agung.

Personil tersebut yakni, Bripka Endri Turnip, S.H., PS. Kanit Propam Polsek Pematang Sawa, Bripka I Made Ari Susila, S.H., Bintara Sat Polairud Polres Tanggamus, Bripka Yohanes Seven Aprilian Palma, Banit Turjawali Sat Lantas Polres Tanggamus dan Briptu Fransiskus Rumoharbo, Bintara Polsek Pematang Sawa

Dalam amanatnya, Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser mengatakan, upacara bendera merah putih yang dilaksanakan memiliki makna yang sangat penting bagi semua.

“Disamping untuk memantapkan kualitas pengbdian serta meningkatkan kecintaan kita kepada Negara dan Bangsa, juga merupakan salah satu wujud ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata AKBP Rinaldo Aser.

Kapolres mengungkapkan, selain upacara juga dilaksanakan pemberian penghargaan atau reward kepada personil, sebagai bentuk apresiasi atas kinerja, loyalitas dan integritas yang diberikan kepada institusi.

“Penghargaan ini diberikan kepada personel Polres Tanggamus yang telah berdedikasi dalam penyelamatan upaya bunuh diri warga masyarakat di dermaga Kota Agung Tanggamus pada 13 April 2024,” tegasnya.

Usai pelaksanaan upacara, Kapolres bersama personel peraih penghargaan melakukan foto bersama didampingi para pejabat utama di halaman apel Mapolres setempat.

Salah Satu penerima penghargaan, Bripka Made Ari Susila dalam keterangannya mengatakan saat kejadian, hujan terjadi di dermaga Kota Agung, dirinya bersama 3 rekannya baru turun kapal usai melaksanakan tugas di Kecamatan Pematang Sawa.

“Kami baru turun dan dijemput anggota Polsek Kota Agung saat cuaca hujan. Saat kami sudah di darat, tiba-tiba ada warga memanggil memberitahukan ada warga yang mau bunuh diri,” kata Bripka Made.

Bripka Made melanjutkan, dirinya bersama teman-temannya langsung keluar mobil, berlari ke dermaga menyelamatkan wanita tersebut.

“Saat it wanita tersebut bersama 3 anaknya berada di ujung dermaga yang jalannya sudah ditutup dalam kondisi rusak,” ujarnya.

Bripka Made menambahkan, wanita tersebut, belum sempat menceburkan diri sebab segera dicegah sehingga terjadi aksi tarik menarik.

“Posisi tarik menarik, kami pegang wanita tersebut dan anak-anaknya diambil, lalu dibawa ke Polsek Kota Agung,” jelasnya.

Kesempatan itu, Bripka Made bersama rekan-rekanya mengucapkan terima kasih atas perhatian pimpinan yang memberikan penghargaan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolres Tanggamus atas penghargaan ini,” tandasnya.

(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *