Ruas jalan utama untuk akses warga desa petir terkena longsor akibat hujan deras.

Banjarnegara,- jurnalpolisi.id

Curah hujan yang cukup tinggi pada Sabtu malam tanggal 27 april 2024,pada jam 23.00 WIB mengakibatkan beberapa wilayah di Banjarnegara mengalami bencana tanah longsor,salah satunya di Desa petir, Kecamatan purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, terutama jalan di Dusun Sembir RT 05/03 sebab dari rusak nya akses jalan yang longsor sehingga warga hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua saja, tanah yang labil di sebabkan intensitas curah hujan yang deras maka terjadi tanah longsor. (28/4/2024).

Salah satu anggota destana Desa petir sebut Mudi warga RT 02/03, Desa setempat menyampaikan apa yang terjadi pada saat terjadinya tanah longsor di kadus tiga, dan waktu kejadian pada jam 23.00 WIB.

“Terjadinya longsor jam 23.00 wib, dan yang ter kena imbasnya kadus 3(tiga), ” Ucapnya

Selanjutnya mudi masih menyampaikan, kronologi terjadinya longsor tersebut, di sebab kan intensitas curah hujan yang relatif cukup deras selama 5 jam,sehingga terjadinya longsor dan arahan BPPD ke warga secara maksimal nunggu dari dinas kabupaten, yaitu DPUPR.

“Karena derasnya air hujan, di perkirakan sampai jam 3(tiga) pagi, panjang 150 meter jalan yang rusak akibat longsor, dan lebar yang kena hampir 20 meteran, apalagi kalau hujan sekali lagi jalan bisa habis, dan untuk penanganan nunggu dinas kabupaten, yaitu dinas PUPR, ” Ungkapnya.

Ia juga mengatakan warga yang terkena dampak yang terkena longsor dalam satu desa cukup banyak, di kadus tiga 2(dua) rumah yaitu di RT02 dan RT 04.

“Kalau yang terkena longsor di kadus tiga ada dua yang satu di RT 02 dan yang satu di RT 04,” Katanya.

Sebagai warga dan juga sebagai anggota destana, mudi menginginkan untuk kedepan pasca longsor untuk permasalahan jalan harap di percepat dan penanganan sesegera mungkin.

“Yang jejas masalah jalan itu, di percepat dan segera di tangani, dari mulai tahun 2022,2023 sampai sekarang, ” Ujarnya

Masih dengan kata mudi, “Semua fihak pas waktu kejadian turun semua, dari pemdes juga ikut datang,forkompinca dan dari BPPD, harapannya segera ditangani biar anak anak sekolah melalui jalan tersebut engga susah, dan untuk warga yang rumahnya rusak sudah di tangani dan dapat bantuan sama BPPD, “katanya.

Dari informasi yang di dapat dari Rohim warga dusun Sembir, warga sudah ada yang di pindah kan satu orang, yang saat ini ada lima orang, berikut nama namanya.

” Warga sudah pindah bernama badar, yang saat ini adalah sahroni, ceret,simin, lento, kempling, ” Pungkasnya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *