Ketua Kwarcab Banyumas Lantik Rektor UIN Saezu Sebagai Ketua Mabigus

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas Agus Nur Hadie, S.Sos, M.Si melantik Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Saifuddin Zuhri (Saezu) Purwokerto Prof. Dr. H. Ridwan, M.Ag sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 26.2833-26.2834 Pangkalan Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Kegiatan berlangsung di Auditorium Utama UIN Saizu, Selasa (07/05/2024). Turut hadir Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Prof Dr Ir Slamet Budi Prayitno, M.Sc, Ketua Pusdiklatcab Banyumas IPDA Yusup Supriyadi, SH, Ketua Kwartir Ranting Purwokerto Utara, Anggota Racana dan undangan lainya.

Ketua Kwarcab Agus Nur Hadie mengatakan bahwa dalam kelembagaan Gerakan Pramuka terdapat gugus depan sebagai satuan organisasi dan majelis pembimbing gugusdepan yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Majelis pembimbing gugusdepan (Mabigus ) memiliki tugas pokok memberi bimbingan dan bantuan moril, organisatoris, material dan finansial untuk penyelenggaraan Pendidikan kepramukaaan wadah berhimpunnya peserta didik.

“Kami menaruh harapan dengan dilantiknya kepengurusan Majelis Pembimbing dan Pembina Gugusdepan ini agar bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab, dan semangat perjuangan untuk Pramuka Indonesia. Selamat dan sukses atas terlantiknya Mabigus dan pembina , semoga bisa mengemban amanah dengan baik. Terimakasih kepada Pramuka UIN SAIZU yang terus aktif berprestasi dan memberikan warna dalam pencapaian prestasi Kwarcab Banyumas,” ungkapnya.

Selain itu, Agus Nur Hadie juga memberikan dorongan semangat kolaborasi yang tinggi Pramuka UIN SAIZU dengan Kwarcab Banyumas agar terus bersinergi untuk meciptakan generasi muda yang berkualitas dan berprestasi.

“Harapannya pengurus yang terlantik selain mengikuti KOS juga sebaiknya untuk dipersiapkan mengikuti pendidikan bagi anggota dewasa khususnya para pembina, baik itu KMD maupun KML,” lanjutnya.

Sementara Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) terlantik, Ridwan merasa bangga dan bersyukur pangkalanya dapat mengikuti proses sesuai AD/ART Gerakan Pramuka. Ia berharap para pengurus yang dilantik bisa mengemban amanah dengan baik untuk menjadikan Pramuka UIN SAIZU yang lebih Unggul, Progresif, dan Inovatif.

Usai pelantikan para pengurus mengikuti Kursus Orientasi Kepramukaan Singkat (KOS), dengan menghadirkan Narasumber dari Ketua Kwarda Jawa Tengah Prof Dr Ir Slamet Budi Prayitno, M.Sc dan Ipda Yusup Supriyadi, SH Ketua Pusdiklatcab Banyumas. Mabigus dan Pembina yang di lantik di bekali materi tentang “Peran, tugas dan fungsi Majelis Pembimbing” , dan materi “Nilai Fundamental Gerakan Pramuka di Perguruan Tinggi.

( Arif JPN/S.d )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *